SDM Aset Berharga Perusahaan

0

aSDM yang terdidik secara moral, hati nurani, karakter, kualitas, dan kompetensi, akan menjadi aset pelindung terbaik terhadap daya saing perusahaan di sepanjang waktu.

Dalam memasuki persaingan global di tahun 2015, setiap perusahaan dituntut agar memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, untuk mencapai serta menuju visi yang diharapkan. Oleh karena itu Sumber Daya Manusia merupakan aset yang sangat berharga, atau sebuah investasi besar yang akan menjadi faktor utama dalam menentukan keberhasilan sebuah perusahaan. Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia yang tepat bagi sebuah perusahaan, akan menjadi faktor utama dalam meraih kesuksesan yang maksimal. Masih banyak perusahaan yang menganggap remeh hal ini, padahal manfaatnya sangat luar biasa bagi sebuah bisnis.

Mencari Sumber Daya Manusia yang baik memang tidaklah mudah, begitu juga membentuk SDM yang sudah ada agar menjadi berkualitas. Menurut Reza Rifanto M.Psi., Whitenvy Business Improvement Executive Partner, Sumber Daya Manusia yang baik adalah Sumber Daya Manusia yang memahami visi misi bersama di dalam perusahaan, serta dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus bisa mensosialisasikan visi misi perusahaan yang ada, pada setiap karyawan diperusahaan tersebut. Agar bisa memberikan kontribusi yang maksimal setiap karyawan harus dibekali dengan skill atau kemampuan khusus.
Untuk memberikan pembekalan dan pengembangan skill yang efektif, perusahaan haruslah membangun budaya improvement sebagai dasarnya. Tanpa adanya budaya ini, training-training yang diberikan hanya akan bersifat euforia atau semangat sesaat, dan tidak akan memiliki dampak yang signifikan. Budaya suatu perusahaan dibentuk oleh Sumber Daya Manusia yang berada di dalam perusahaan tersebut. Apabila perusahaan telah dibangun dengan SDM yang baik, paham akan visi misi perusahaan dan fokus untuk memberikan kontribusi maksimal, maka perusahaan akan memiliki budaya kerja positif yang bermanfaat untuk jangka panjang.
Dengan budaya kerja yang positif, SDM yang ada akan memiliki kreativitas dan etos kerja yang baik, sehingga akan meningkatkan produktivitas. Sumber Daya Manusia yang baik merupakan sebuah kekuatan penting dalam membangun kekayaan perusahaan, serta membantu menciptakan potensi bisnis baru dari hasil kreativitas dan inovasi mereka. SDM yang unggul akan menjadi solusi luar biasa, untuk meningkatkan daya saing perusahaan di level lokal dan global. Keunggulan kualitas karyawan sebagai modal SDM dalam perusahaan, akan memungkinkan perusahaan menjaga daya saing agar dapat memenangkan kompetisi bisnis.
Mengelola SDM membutuhkan strategi yang cerdas untuk dapat mengoptimalkan potensi individu. Untuk itu, perusahaan harus memfasilitasi dan membiayai proses pembelajaran karyawan secara berkelanjutan. Memberikan penghargaan dan memperlakukan karyawan sebagai aset yang paling berharga. Pemimpin perusahaan harus mengkomunikasikan kinerja dan target dengan jelas, serta konsisten. Manajer harus adil dan terbuka bersama tanggung jawab untuk penilaian, penghargaan, dan mengarahkan potensi karyawan ke dalam tanggung jawab bisnis yang lebih tinggi. Menciptakan inovasi dan mendukung perbaikan terus-menerus di setiap aspek kerja dalam bisnis.
SDM selalu dipersepsikan oleh para ahli sebagai modal tak berwujud, tetapi selalu berwujud dalam bentuk perilaku dan cara berpikir. Mungkin SDM belum dapat dibukukan seperti modal uang dan modal barang, tapi realitas selalu memperlihatkan bahwa SDM adalah sesuatu yang sangat menentukan keberhasilan, pengelolaan terhadap modal uang dan modal barang. SDM adalah aset terbaik yang dapat digunakan untuk melindungi kekayaan perusahaan dari gerusan inflasi dan resiko lainnya. SDM yang terdidik secara moral, hati nurani, karakter, kualitas, dan kompetensi, akan menjadi aset pelindung terbaik terhadap daya saing perusahaan di sepanjang waktu.