Salah Satu Indikator Performa Perusahaan Anda !

0

a1Salam improvement !

Mengapa perusahaan mengalami perkembangan yang stagnan ?

Mengapa perusahaan tidak mengalami perubahan setelah training ?

Mengapa team tidak mempunyai motivasi yang kuat untuk melakukan perubahan ?

Beberapa pertanyaan banyak sekali dikeluhkan oleh para business owner. Tentu saja dalam kompetisi yang begitu ketat saat ini, tanpa adanya perubahan dan perkembangan, bisnis kita akan semakin tertinggal oleh kompetitor-kompetitor lainnya. Nah bagaimana caranya mengetahui performa perusahaan kita untuk mampu melakukan perubahan dan perkembangan ? Salah satu indikator yang dapat kita lihat adalah dengan melihat 5R perusahaan anda !

5R adalah singkatan dari Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin yang merupakan terjamahan dari bahasa jepang 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke). Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa 5R adalah kegiatan bersih-bersih dan rapi-rapi agar perusahaan terlihat bersih dan nyaman.Namun dibalik itu semua, 5R adalah sebuah dasar yang sangat penting dalam membentuk suatu budaya untuk selalu menjadi lebih baik (continuous improvement) serta sangat efektif untuk mengeliminasi pemborosan-pemborosan yang ada di perusahaan.

Takashi Osada dalam bukunya 5S’s: Five Keys to a Total Quality Environment menyatakan, perusahaan yang tidak sehat (tidak performance) pasti karena menerapkan 5R dengan buruk ! Dengan penerapan 5R, setiap team akan belajar untuk melakukan perubahan-perubahan dimulai dari hal-hal yang kecil yang ada di sekitar mereka. Seperti sebuah pepatah yang menyatakan “Bagaimana kita bisa menguasai hal yang besar apabila kita sering melupakan hal-hal yang kecil.”

Oleh karena itu jika perusahaan anda tidak menerapkan 5R dengan baik dan benar, maka kemungkinan besar perusahaan anda tidak akan dapat mengerjakan program-program lainnya. Bagaimana menerapkan program 5R ? Silahkan hubungi Whitenvy Business Improvement, Salam improvement!

Dapatkan FREE konsultasi atau FREE Training mengenai strategi-strategi efektif meningkatkan omzet dan mengatasi pemborosan di perusahaan anda dengan hubungi 081-234-888-296 atau 031-71-433-996
By: Reza Rifanto M.Psi.,Psikolog
(Consultant, book writer)
www.WhitenvyBusinessImprovement.com