Prospek Berbisnis Busana Muslim

0

aGeliat bisnis ini hampir merambah seluruh daerah atau kota-kota yang ada di Indonesia, maraknya pelaku bisnis online juga melirik peluang ini.

Dengan mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam, prospek berbisnis busana muslim cukup menjanjikan. Saat ini busana muslim sudah menjadi tren di kalangan perempuan Indonesia, tidak hanya ibu-ibu, kalangan remaja pun banyak mengenakan busana penutup aurat ini. Indonesia yang memiliki penduduk dengan umat muslim terbesar di dunia, merupakan pasar yang sangat potensial untuk bisnis ini, apalagi menjelang dan saat bulan Ramadhan tiba. Permintaan busana muslim mulai anak-anak hingga dewasa menjelang hari raya Idul Fitri, juga miningkat tajam, hal ini merupakan tradisi tahunan bagi umat muslim yang merayakan hari raya.

Permintaan Sarung, Mukena, Baju Koko, Jilbab, Kerudung, Gamis, dan sebagainya, membuat produsen-produsen busana muslim ini menjelang Ramadhan kewalahan dalam memenuhi permintaan pasar. Segmen busana muslim tentunya berbeda dengan segmen busana biasa, karena busana muslim akan cenderung pada pakaian yang menutup aurat, kendati demikian bukan berarti berbagai jenis pakaian tersebut juga tidaklah modis atau biasa-biasa saja. Saat ini banyak perancang busana yang mengkhususkan keahliannya untuk mendesain atau merancang busana muslim, sehingga busana muslim kini juga mengalami perkembangan dari sisi modelnya.

Bukan hanya busana muslim wanita saja yang berbagai varian model, saat ini busana muslim untuk pria pun juga memiliki banyak model yang lebih modern, sehingga membuat busana muslim saat ini semakin banyak diminati. Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, tentunya juga harus jeli dalam menentukan segmen pasarnya. Disarankan untuk membidik segmen pasar busana muslim yang berkelas kalangan menengah. Karena berbagai produk yang dijual untuk kalangan menengah tersebut masih cenderung memiliki harga yang relatif murah, sehingga produk yang anda jual pun masih akan terjangkau oleh sebagian besar kalangan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, banyak produsen busana muslim yang juga menjajaki permintaan pasar luar negeri yang begitu banyak. Bisnis busana muslim juga mengalami persaingan yang cukup ketat, namun hal ini memicu produsen mengeluarkan inovasi terbaiknya dalam mendesain hasil-hasil karya mereka. Faktor kualitas bahan dan harganya pun menjadi pertimbangan lain dalam persaingan bisnis busana muslim ini. Jika Anda memiliki modal yang cukup besar, Anda dapat memproduksi sendiri busana muslim yang akan Anda pasarkan, Anda bisa membidik pasar lokal maupun luar negeri yang juga banyak peminatnya.
Tidak hanya produsen busana muslim saja yang mendapat untung besar, mereka yang menjadi distributor, agen dan pedagang eceran pun mendapat berkah yang berlimpah dari bisnis busana muslim. Geliat bisnis ini hampir merambah seluruh daerah atau kota-kota yang ada di Indonesia.
Maraknya pelaku bisnis online juga melirik peluang ini, mereka bisa menjual dagangannya sampai ke pelosok daerah, bahkan keluar negeri sekalipun. Jika Anda belum memiliki modal yang cukup, Anda bisa mencoba menjual busana muslim ini secara online, dengan mendapatkan barang dari pusat grosir atau menjadi reseller busana muslim dari brand-brand ternama.

Dalam menjalankan bisnis busana muslim, kualitas produk dan layanan menjadi jaminan utama bisnis ini. Sesuaikan produk yang Anda miliki dengan tren yang beredar di pasaran saat ini, karena desain yang menarik dan mengikuti tren terbaru, banyak diminati para konsumen. Momen bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri memberikan kesempatan dalam membangun dan mengembangkan bisnis busana muslim. Menurut Rifky Setyan Ananta, Owner dewihijab.com, momen bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri setiap tahunnya selalu menghadirkan banyak pelanggan-pelanggan baru bagi butik busana muslim online yang Dia kelola dan jalankan.