Prediksi Ekonomi Tahun 2010

0

Ekonomi2010Tahun 2010 atau tahun macan digambarkan sebagai tahun yang keras, sesuai dengan gambaran sosok macan. Kesan keperkasaan dan hawa nafsu dapat dianalogikan dengan ekspansi bisnis mendapatkan keuntungan dan kesuksesan yang lebih baik.
Tahun 2010 diperkirakan akan menjadi tahun pemulihan dari bencana finansial dua tahun sebelumnya. Masih segar ingatan kita tentang krisis finansial global, Amerika sebagai pusat gempa krisis financial tahun 2008 membutuhkan waktu lebih lama untuk rekonstruksi, kuncinya adalah pengelolaan utang yang menggunung. Angka pengangguran yang masih cukup tinggi, naik turunnya indeks kepercayaan konsumen masih mebayangi ketidakpastian ekonomi.
Data ekonomi global memang menunjukkan perkembangan lebih cepat dari perkiraan sejak triwulan kedua 2009, pertumbuhan positif di sejumlah negara setelah dihantam krisis tahun sebelumnya. Euro zone secara keseluruhan sudah membukukan pertumbuhan positif, rebound yang kuat dari BRIC (Brasil, Rusia, India dan China). Emerging market di Asia pun mengalami pemulihan lebih cepat, Indonesia termasuk di dalamnya.
Menurut Djajendra, Praktisi, Penulis, Dan Pembicara di Bidang Manajemen Korporasi bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan berkisar 5%, dan inflasi di angka 7%. Hal yang perlu segera dibenahi adalah tingkat pengangguran dan kemiskinan.
Pekerjaan terpenting pemerintah di tahun 2010 adalah membuat perbaikan-perbaikan dan peningkatan daya tahan perekonomian nasional. Salah satu aspek terpenting yang harus diperhatikan adalah membangun kredibilitas dan reputasi pemerintahan yang kuat dan bersih.
Reputasi dan kredibilitas pemerintahan yang bersih dan kuat akan membuat para calon investor tidak lagi dalam kondisi wait and see, tapi bergerak dengan antusias untuk melakukan investasi-investasi yang saling menguntungkan.
Beberapa hal perlu diwaspadai karena bisa membuyarkan semua asumsi-asumsi ekonomi tahun 2010. Kemungkinan harga minyak menembus $100 karena permintaan real terhadap minyak, akan mendorong semua harga komoditas ikut melonjak. Begitu pula perkembangan politik dan hukum akhir-akhir ini yang cenderung memanas, seahli apapun seorang ekonom dalam menghitung-hitung data ekonomi masih kalah dengan persoalan politik.
2010,Tahun Persiapan Booming Properti
Sebagaimana perkiraan perekonomian di tahun 2010 yang akan mengalami kenaikan dibanding 2009, dunia properti juga akan mengalami pertumbuhan. Menurut Yafet Kristanto, Direktur ERA Indonesia, bahwa prospek properti akan lebih baik dari 2009. Tahun 2010 merupakan persiapan untuk terjadinya booming 2012, sehingga melakukan investasi dibidang properti masih memiliki peluang yang bagus.
Untuk itu, Yafet menyarankan bagi mereka yang membutuhkan rumah, maka segeralah membeli mumpung harga belum mengalami kenaikan, KPR masih rendah, kalau ditunda sampai setahun lagi pasti harganya sudah berubah alias naik.
2010, Dunia Hospitality Tetap Menjanjikan
Dunia hospitality industri kiranya akan tetap menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Menurut Bambang Hermanto, Ketua PHRI Surabaya, bahwa mengakhiri tahun 2009 dunia hospitality industri dalam kondisi cukup baik. Maka dari itu, masih terdapat satu prospek yang baik pula untuk industri hotel maupun restoran di tahun 2010, peningkatan akan tumbuh kira-kira 10%. Hal ini juga yang membuat para investor datang. Dan nanti akan ada sekitar 10 hotel baru baik hotel bintang tiga, bintang empat atau bintang Lima.
Lebih lanjut Bambang mengatakan meski tahun 2010 akan sulit, tapi juga ada satu kesempatan dan tantangan yang cukup menggairahkan. Karena pertumbuhan ekonomi pasti naik dan tidak mungkin turun.