Pencitraan Positif Profil Perusahaan

0

aSelain lebih dinamis dengan variasi konten yang beragam dan kemudahan untuk update informasi, penggunaan media digital juga bisa memperkecil biaya dengan jangkauan yang luas.

Pesatnya perkembangan teknologi dan arus informasi saat ini, membuat perusahaan harus mengikuti tahapan perkembangannya. Selain bermanfaat untuk kebutuhan internal perusahaan, hal ini juga sangat berpengaruh untuk kebutuhan eksternal perusahaan. Seperti halnya Profil Perusahaan atau Company Profile, banyak perusahaan yang hanya memandang sebelah mata terhadap keberadaannya. Mereka terkadang membuat profil perusahaan hanya sebagai pelengkap saja, tanpa memperhatikan konsep konten, desain, serta media yang digunakan. Padahal jika semua itu dilakukan dengan kreatif, akan memberikan citra yang positif bagi sebuah perusahaan.
Profil Perusahaan sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai media informasi dan komunikasi sebuah perusahaan, tentang perusahaan tersebut, kepada pihak-pihak yang membutuhkan baik dari dalam maupun luar perusahaan. Seiring perkembangannya, profil perusahaan saat ini tidak hanya dihadirkan dalam format media cetak, tapi lebih menggunakan media digital juga video. Membuat sebuah profil perusahaan yang bagus sebenarnya bisa dilakukan sendiri, atau dialih tugaskan pada divisi kreatif dalam sebuah perusahaan. Namun banyak juga perusahaan yang memanfaatkan jasa profesional pembuat profil perusahaan, untuk membuatnya.
Ketika ide kreatif sudah didapat untuk bahan pembuatan Company Profile, tahap pembuatannya dibagi dalam 3 tahapan, yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Untuk pengerjaan Company Profile profesional, biasanya melibatkan orang yang memiliki keahlian khusus dibidangnya, seperti scriptwriter, storyboarder, videografer, fotografer, narator, animator, graphic designer, creative director, internet marketer, dan sebagainya. Namun jika Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk memanfaatkan keahlian mereka, Anda bisa meminimalisir dan membuat prioritas dari dana yang Anda anggarkan untuk pembuatan Company Profile.
Desain Company Profile haruslah merepresentasikan perusahaannya, sesuai dengan kesan, karakter dan image yang telah dibangun perusahaan tersebut. Umumnya kesan, karakter dan image yang ditampilkan pada Company Profile itu bersifat formal atau resmi, konservatif, profesional, punya integritas, kredibel serta akuntabel. Tetapi ada juga perusahaan yang ingin lebih kelihatan casual, dinamis, egaliter, hangat dan akrab, berani tampil beda tapi tetap menjaga profesionalitasnya. Sering ditemukan Company Profile sebuah perusahaan yang desainnya sangat tidak biasa, karena top decision makernya memang menginginkan hal seperti itu.
Selain representatif, desain Company Profile juga harus membantu menampilkan setiap informasi dengan benar, akurat dan lengkap, serta disajikan dengan cara yang menarik, jelas dan mudah untuk dimengerti. Meski desain sebuah Company Profile bisa berbeda satu sama lain, tapi struktur isinya pada dasarnya sama. Umumnya Company Profile memuat hal-hal informatif seperti sejarah perusahaan, profil divisi atau unit-unit bisnis yang ada, informasi produk atau jasa, daftar klien, proyek yang pernah dikerjakan, keunikan dan kekhasan perusahaan, dan sebagainya. Oleh karena itu informasi tersebut haruslah dikemas sebaik dan sekreatif mungkin, agar bisa dicerna.
Perkembangan teknologi informasi membuat media Company Profile yang dahulu banyak dihadirkan dalam format media cetak, saat ini banyak perusahaan menggunakan media digital sebagai aplikasi dari Company Profilenya. Selain lebih dinamis dengan variasi konten yang beragam dan kemudahan untuk update informasi, penggunaan media digital juga bisa memperkecil biaya dengan jangkauan yang luas. Dengan memiliki Company Profile yang bagus, pekerjaan seorang Public Relations dalam sebuah perusahaan akan sangat terbantu. Hal ini tentunya akan memberikan pencitraan yang positif bagi perusahaan itu sendiri.