Peluang Bisnis Kue Bulan

0

Sebulan Bisa Jual 5000 Kue Bulan

 

Dari bentuknya yang sangat unik, mooncake atau kue bulan ternyata bukan sekedar kue biasa. Selain rasanya yang sangat legit dan manis, mooncake juga dipercaya sebagai symbol persatuan. Menurut mitos yang beredar di masyarakat, dahulu ada seorang pemanah yang disuruh memanah 10 bulan. Dia berhasil memanah 9 dan menyisakan 1 bulan. Dia tidak sampai hati memanah karena bulan itu dianggap sebagai dewi bulan. Itu sebabnya masyarakat Cina menggambarkan dewi bulan dalam bentuk kue bulat yang melambangkan kesatuan. Biasanya mooncake disajikan dalam acara keluarga pada perayaan musim gugur di Cina.

Khusus untuk Indonesia, perayaan musim gugur biasanya dirayakan setiap bulan September. Disini masyarakat Tionghoa merayakannya dengan makan mooncake bersama keluarga. Tak heran kalau sejak Agustus dan September, penjual mooncake khususnya di Surabaya mulai ‘panen’ pesanan.

“Pesanan sudah mulai datang sejak Agustus. Biasanya setiap Agustus dan September, kami bisa menjual sampai  5000 kue bulan bahkan lebih. Tapi kalau bulan-bulan yang lain hanya terjual sekitar 1000 kue bulan,” kata Daniel Sugondo, pemilik Lannys Cake kepada Iklan Pos, Senin (15/8).

Pesanan yang datang tidak hanya dari Surabaya, namun juga kota-kota lain seperti Jakarta, Bali dan Kalimantan. Diakui bahwa peluang bisnis mooncake ini masih terbuka lebar, sebab pesaingnya belum banyak.

“Pesaing memang sudah ada, tapi permintaan juga tetap banyak. Bahkan kami membuat kue ini setiap bulan, tidak hanya Agustus dan September saja. Kami sudah punya pelanggan, jadi selalu terima pesanan untuk membuat kue bulan,” tambahnya.

Untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, Daniel selalu mengutamakan kualitas. Hampir semua bahan untuk isi mooncake di-impor dari Taiwan, seperti white lotus dan green tea. Namun ada juga pelanggan yang memilih varian rasa sendiri. Untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan, dia juga membuat mooncake sesuai pesanan.

“Keuntungannya memang tidak banyak, hanya sekitar 10 persen,” jelasnya. Meski keuntungannya tidak banyak, namun strategi ini mampu meningkatkan loyalitas pelanggan. Buktinya, mereka tidak hanya membeli mooncake, namun juga varian kue lain yang dijual ditempatnya, seperti Spiku. (noe)