Peluang Berbisnis Makanan Beku

0
Alat utama yang di butuhkan untuk usaha ini adalah freezer atau mesin pembeku, untuk menyimpan dan memajang barang dagangan.

 

frozen foodBisnis kuliner memang tidak ada matinya, banyak dari mereka yang berkecimpung dalam bisnis ini dan sukses dalam mengembangkan bisnisnya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat gaya hidup kita dituntut untuk cepat dan praktis, begitu juga untuk pemenuhan kebutuhan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Frozen food atau makanan beku saat ini menjadi alternatif makanan siap saji yang banyak diminati masyarakat. Makanan beku praktis, bisa disimpan cukup lama dalam lemari pendingin, dan dimasak sewaktu-waktu. Frozen food umumnya berbahan dasar ikan, ayam, daging, dan bahan-bahan lainnya yang biasa dikonsumsi.

 

Dari bahan-bahan dasar tersebut nantinya dapat dibuat makanan beku seperti bakso, nugget, sosis, kornet, perkedel, yang dapat dijadikan lauk. Sedangkan lumpia, martabak, kaki naga, tempura, dimsum, dan sebagainya, banyak orang menjadikannya sebagai camilan. Makanan beku ini dikemas dengan kemasan khusus dan diletakkan dalam lemari pendingin. Saat ini permintaan makanan beku di masyarakat semakin meningkat, jika pebisnis peka melirik hal ini tentunya akan menjadi sebuah peluang bisnis yang menggiurkan. Peluang usaha berbisnis atau jualan makanan beku tidak membutuhkan modal banyak, dan usaha ini bisa dijalankan mulai dari skala rumahan.

 

Tempat yang strategis memang perlu untuk bisnis ini, namun itu tidak mutlak, yang penting keberadaan usaha ini bisa diketahui oleh calon konsumen dan pelanggan. Menjalankan usaha ini tidak perlu ketrampilan khusus dan usaha ini juga dapat dikerjakan oleh anggota keluarga. Alat utama yang di butuhkan untuk usaha ini adalah freezer atau mesin pembeku, untuk menyimpan dan memajang barang dagangan. Bagi pebisnis yang baru memulai usaha ini bisa memanfaatkan kotak freezer yang ada di kulkas, akan tetapi kapasitasnya sangat terbatas. Untuk menekan biaya bisa juga membeli freezer bekas yang masih baik, agar menghemat pengeluaran dari modal awal.

 

Ketika sudah memiliki freezer yang mendukung, modal lainnya diperlukan untuk membeli bahan-bahan baku dan kemasan frozen food yang akan diproduksi. Apabila bisnis ini membidik pasar jajanan anak-anak, faktor harga lebih berperan agar terjangkau uang saku atau uang jajan anak-anak. Sedangkan jika yang dibidik pasar ibu-ibu rumah tangga, sediakan produk yang mengutamakan kualitas makanan, rasa, serta kemasan. Bagi pebisnis pemula, mulailah target pasar di lingkungan tetangga sekitar, teman-teman, atau masyarakat sekitar. Menentukan target pasar diawal akan membantu untuk memperkirakan besarnya modal awal yang harus disiapkan.

 

Ada banyak jenis produk makanan beku yang beredar di pasaran, jika belum menguasai seluruhnya, bisa memilih satu atau dua jenis produk makanan beku yang tahu cara membuatnya.  Jika selama ini hanya mengetahui dari resep, coba praktekan dulu untuk konsumsi sendiri, coba tawarkan pada anggota keluarga atau orang-orang terdekat untuk mencicipi, mintalah masukan mereka agar nantinya produk itu layak untuk dijual. Berbisnis makanan akan sulit jika mengabaikan kualitas bahan baku produk makanan. Jika bahan baku yang digunakan bukan bahan yang benar-benar segar, kualitas produknya akan terasa di lidah konsumen atau pelanggan.

 

Bila kualitas rasa yang enak sudah didapat, jangan lupa untuk memperhatikan kemasan produknya, pilih bahan kemasan untuk makanan beku yang baik, kalau bisa yang kedap udara. Setelah kemasan yang baik sudah dipenuhi, selanjutnya adalah jalin hubungan baik dengan konsumen. Jadikan produk makanan beku ini diminati konsumen, dimana mereka sebagai pembeli eceran yang berlangganan atau menjadi reseller yang bisa menjual lagi produk  tersebut. Untuk menjaga hubungan baik, bisa memberikan potongan harga khusus bagi konsumen atau para reseller, serta ucapan terima kasih bagi mereka karena telah menjadi pelanggan yang setia.