Modal Utama Perkembangan Perusahaan anda

0

a1Banyak orang yang beranggapan bahwa modal utama bagi perkembangan sebuah perusahaan adalah uang, gedung, mesin, manusia, namun ternyata banyak perusahaan yang telah memiliki semua hal tersebut tetapi belum juga berkembang dan mengalami stagnan. Mengapa hal tersebut terjadi ? Coba kita simak contoh berikut ini.

Ada sebuah tempat makan yang begitu ramai dikunjungi oleh pembeli, bahkan sebelum buka, banyak yang rela menunggu karena takut kehabisan. Ketika saya mengajak seorang rekan saya untuk makan di tempat tersebut, ia terheran-heran dan bertanya “wah ramai sekali, pakai dukun mana ya ?” (dan sebenarnya banyak orang yang mempunyai pertanyaan sama seperti rekan saya tersebut). Apa yang bisa membuat tempat makan ini sangat berkembang ? Ternyata orang-orang yang bekerja di tempat makan tersebut memiliki sebuah modal yang sering kita lupakan. Modal itu adalah modal yang tidak terlihat, yaitu modal komitmen & konsisten.

Sebelum kita menjudge usaha tersebut menggunakan dukun, coba kita melihat bagaimana sang penjual ketika memulai usahanya. Ia harus bangun pagi-pagi sebelum subuh untuk berbelanja, mengulek sambal, menyiapkan bahan dan menanti pelanggan baik dalam kondisi sepi, hujan, dan lain sebagainya. Hal tersebut dilakukan secara terus- menerus secara konsisten. Berkat komitmen dan konsisten tersebut, yang dulu hanya berjualan dengan warung kecil di pinggir jalan, saat ini memiliki tempat makan yang memiliki cabang di berbagai kota.
Tanpa modal ini, perusahaan yang memiliki gedung megah, mesin yang canggih dan manusia tidak akan dapat membuat perusahaan kita dapat berkembang. Oleh karena itu investasikan pengembangan sikap konsisten dan komitmen dalam team anda.

Dapatkan FREE konsultasi atau FREE training LEAN SYSTEM mengenai strategi-strategi pengembangan team anda, meningkatkan omzet dan mengatasi pemborosan di perusahaan Anda dengan menukarkan kupon ini dan hubungi : Pin BB 7A6B A86E dan WhatsApp +6281332395071

Reza Rifanto M.Psi., Psikolog (Executive Partner, Lean System Consultant, Book Writer)
www.WBI-Indonesia.com