Mobil Listrik Mobil Masa Depan

0

dMobil listrik merupakan mobil yang digerakkan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lainnya.  Mobil listrik memiliki beberapa keunggulan dibandingkan mobil dengan bahan bakar konvensional. Mobil ini 100 persen bebas emisi. Mesin sangat halus, tidak menyebabkan polusi suara dan menghemat lebih banyak energi, serta memiliki masa pakai hingga 90 tahun jika dikendarai 50 mil per hari.

Biaya isi ulang mobil listrik juga sangat terjangkau, rata-rata mobil listrik memerlukan biaya isi ulang 2 sen per mil dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar konvensional, yang memerlukan biaya 12 sen per mil. Mobil ini memiliki biaya pemeliharaan yang lebih rendah, dibandingkan dengan mobil biasa, karena memiliki sekitar 5 bagian di motornya, dibandingkan dengan mobil biasa yang memiliki ratusan komponen dalam mesin pembakaran internalnya.

Mobil listrik juga masih memiliki kekurangan, dengan harga baterai yang masih mahal, serta tempat-tempat pengisian ulang yang masih terbatas dan lebih lama dalam prosesnya. Mobil listrik ketika digunakan dalam iklim yang lebih dingin, memerlukan banyak energi untuk memanaskan interior dan defrost jendela. Meskipun masih ada beberapa kelemahannya, teknologi mobil listrik saat ini terus dikembangkan, untuk mobil masa depan.

Pemerintah melalui menteri BUMN saat ini juga telah mengembangkan dan akan memproduksi mobil listrik untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Melakukan edukasi dan promosi, memperkuat kualitas produk, serta memberi subsidi atau insentif. Pemerintah juga berencana memproteksi pasar dalam negeri, mewajibkan kendaraan domestik pada mobil dinas pemerintahan, serta mengembangkan infrastruktur pendukungnya.