Menikmati Proses Menjalankan Bisnis

0

aKesuksesan itu tidak bisa didapat secara instan tetapi berproses, jadi harus melalui tahapannya, menikmati prosesnya dengan berusaha dan berdo’a.

Tamu kita dalam episode people profile kali ini adalah salah satu penerima penghargaan ajang Shell Live Wire Business Start-Up Awards 2013. Dia adalah Mega Siswindarto, Owner Frozzie Frozen Brownies, yang produknya sudah mulai banyak dikenal masyarakat. Shell Live Wire merupakan program investasi sosial Shell Indonesia yang telah berlangsung sejak tahun 2003. Program ini memiliki semangat menumbuhkan jiwa wirausaha pengusaha muda, membantu mengembangkan usaha yang telah mereka mulai dan sekaligus memberikan pendanaan serta penghargaan atas usaha yang telah dikembangkannya. Dari 10 orang yang terpilih dalam ajang ini, Mega adalah salah satunya yang juga mewakili pengusaha muda Surabaya.

Usahanya membuat Frozzie Frozen Brownies ini dimulai pada akhir tahun 2011, setelah Dia memutuskan berhenti bekerja sebagai karyawan dan mulai berwira usaha. Menurut pria lulusan S1 Mipa Universitas Airlangga ini, konsep Frozzie sebenarnya memodifikasi brownies yang sudah ada, dimana biasanya brownies itu di kukus atau di oven, Dia memodifikasinya menggunakan kreasi sendiri dengan menambahkan bahan tertentu, sehingga ketika di freezer tidak menjadi keras, dan tetap enak ketika dinikmati. Di tahun 2014 ini produknya tidak hanya berfokus pada brownies beku saja, lebih dikembangkan pada varian bownies lainnya. Hal ini Dia lakukan untuk menjangkau pasar kalangan pecinta brownies yang lebih luas.

Masa-masa sulit dirasakannya saat dia mengawali bisnisnya ini, Dia harus belajar otodidak, menentukan produknya, membuat produknya, serta memasarkan produknya sendiri. Seiring berjalannya waktu, produknya sudah diterima pasar dan sedikit demi sedikit mulai berkembang hingga saat ini. Motto hidupnya, bahwa kesuksesan itu tidak bisa didapat secara instan tetapi berproses, jadi harus melalui tahapannya, menikmati prosesnya dengan berusaha dan berdo’a. Mega berpesan bagi Anda yang akan mulai berbisnis, pelajari dahulu bisnis yang akan Anda jalani, setelah mempelajari 50 persennya Anda bisa segera mencobanya. ‘Mengikuti pasar boleh saja, tapi hendaknya berbisnis disesuaikan dengan kesukaan atau hobi’, tegas Mega.

Awalnya orang tidak tahu dan merasa aneh dengan brownies bekunya yang dibungkus dengan aluminium foil, mereka belum familiar, tapi saat ini produknya bisa diterima pasar. Selama ini strategi pemasaran dan brandingnya dilakukan di ranah online, dengan memanfaatkan reseller yang ada di berbagai kota, kedepan juga akan dikembangkan dengan strategi offline. Yang unik, Mega juga membuat 8 menu resep makanan dimana brownies sebagai bahan dasarnya, hal ini sangat menarik dan disukai pelanggannya. Dia berharap Brand dan produknya bisa dikenal masyarakat secara nasional, dengan membuka jaringan distributor disetiap kota, serta Go International membawa produk asli Indonesia, untuk dikenal di luar negeri.