Mengais Rejeki dari Bisnis Waralaba

0

indomartBisnis apa ya? Peluang dan prospeknya seperti apa? Bagaimana cara memulai bisnis? Itulah beberapa pertanyaan dari sekian banyak pertanyaan yang muncul ketika seseorang (yang awam dalam dunia bisnis) ingin memulai usaha atau bisnis. Problem seperti di atas dapat terjawab salah satunya dengan cara bergabung dengan bisnis waralaba.
Bergabung dengan waralaba sangat cocok untuk mereka yang mempunyai tempat usaha dan dana yang tidak terpakai serta tidak mempunyai waktu untuk mengurus usaha. “Bisnis franchise memberikan peluang kepada masyarakat yang tidak memiliki kemampuan untuk memulai usaha sendiri tetapi mereka memiliki cukup uang”, Ucap Bambang Trijanto, Marketing Franchise Manager Indomaret.
Bisnis waralaba telah menjamur dan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Waralaba merupakan salah satu bentuk investasi yang menarik, sekaligus membantu pelaku usaha dalam memulai suatu usaha sendiri.     “Perlu kehati-hatian memilih franchise, terkadang tidak semua franchisor dapat memberikan transfer knowledge bisnis kepada franchise”, Ujar Hendy Mustafa, Pemilik Bakso Iga Sapi.
Selain itu, terdapat beberapa waralaba yang menyediakan segala keperluan mulai dari karyawan, produk, dan lainnya. Sehingga kita hanya perlu memberikan tempat dan membayar investasi franchisenya.
Begitu banyak aneka macam jenis waralaba, antara lain adalah waralaba bidang makanan (kuliner), waralaba bidang ritel dan waralaba bidang kecantikan. Selain itu juga dapat dibedakan berdasarkan biaya investasi, yakni waralaba dengan investasi besar, investasi menengah dan investasi rendah.
Dunia kuliner memang tak ada matinya. Begitu banyak aneka makanan ditawarkan kepada masyarakat, dilain pihak tidak sedikit mereka yang hobi mencicipi aneka makanan. Waralaba yang bergerak di bidang kuliner merupakan waralaba yang paling banyak dibandingkan dengan waralaba bidang lainnya. Sebut saja Kebab Baba Rafi, Bakso Kepala Sapi, Bakso Iga Sapi, Rajanya Tebu, Carpio’s dan masih banyak lagi lainnya.
Salah satu waralaba makanan dari Surabaya adalah Bakso Iga Sapi. Waralaba ini dirintis pada awal tahun 2008 oleh Hendy Mustafa. Baru di tahun 2009, Bakso Iga Sapi di waralabakan. Hendy menuturkan bahwa awalnya ia tidak ada niatan untuk memfranchisekan usahanya tersebut, namun karena semakin banyaknya peminat apalagi dari daerah-daerah lain akhirnya ia kemudian membuatkan sistem dan memberikan kesempatan kepada mereka yang ada di luar kota untuk ikut bergabung dalam bisnis Bakso Iga Sapi.

franchiseSyarat menjadi franchise cukup mudah, antara lain harus mempunyai dana untuk investasi, memiliki lokasi yang strategis, dan beberapa syarat formal. Hendy menambahkan bahwa bisnis Bakso Iga Sapi ini dalam waktu 6-8 bulan dana investasi sudah dapat kembali.
Selain Franchise kuliner yang paling banyak kita jumpai dan menawarkan keuntungan yang besar, waralaba bidang ritel juga banyak dilirik orang. Meskipun dana investasinya cukup besar namun tidak sedikit yang tertarik untuk bergabung. Hal ini dikarenakan bidang ritel bisa dibilang tidak ada matinya karena menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari.
Indomaret, Alfamart, Alfamidi merupakan waralaba yang bergerak dibidang ritel. Indomaret salah satu waralaba ritel selain Alfamart, Alfamidi telah memiliki sekitar 400 gerai yang tersebar di Sidoarjo, Surabaya, Mojokerto, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Madura, Jombang, Lamongan.
Pola waralaba yang dimiliki Indomaret terdapat dua macam, yakni toko buka baru dan take over. Investasi yang dibutuhkan untuk toko buka baru mencapai Rp 350 juta, sedangkan untuk take over antara Rp 500 juta sampai Rp 1 milyar.
Take over adalah toko Indomaret yang telah dioperasikan oleh pihak management Indomaret minimal yang telah berjalan minimal selama satu tahun dan kondisinya sudah stabil. Perbedaan antara take over dengan toko buka baru adalah kalau take over sudah merupakan proposal real bukan proposal estimasi. Untuk buka toko baru, BEP bisa di tempuh 3- 4 tahun.
Selain bidang ritel dan kuliner, terdapat juga franchise bidang otomotif, salah satunya adalah Cheap n Clean dari Surabaya. Awalnya Cheap n Clean adalah bengkel tradisional yang kemudian berhasil melakukan perubahan drastis menjadi supermarket oli dengan konsep dan manajemen modern. Mikael Soegiarto berhasil membidani usaha ini hingga ke luar daerah.

exp