Melirik Bisnis Musiman Ramadhan

0

a1Jika Anda pebisnis yang kreatif, Anda bisa memasukkan bisnis musiman busana muslim dan kurma dalam agenda tahunan bisnis Anda.

Selalu ada peluang bisnis yang bisa dilirik, jika setiap pebisnis berpikir kreatif memanfaatkan momen-momen musiman untuk menghasilkan lebih banyak lagi pundi-pundi uang. Di bulan ini umat muslim fokus untuk beribadah, serta menjalankan perintah berpuasa selama satu bulan penuh, sebelum melaksanakan hari raya Idul Fitri. Pemenuhan kebutuhan umat muslim selama bulan Ramadhan juga berbeda dengan hari-hari biasanya. Para pebisnis memanfaatkan peluang ini untuk memenuhi kebutuhan mereka sebelum dan selama bulan Ramadhan.

Banyak sekali alternatif bisnis musiman yang bisa dijalankan di bulan ini, tapi yang mengemuka adalah bisnis busana muslim dan kurma. Permintaan busana muslim meningkat drastis jika dibandingkan dengan hari-hari biasa, bisnis busana muslim pun menggeliat sebelum dan saat bulan ini tiba. Tak hanya pebisnis dengan modal besar yang bisa memanfaatkan momen Ramadhan, untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah. Pebisnis rumahan atau pebisnis online pun juga marak memanfaatkan bisnis musiman ini.

Indonesia yang memiliki penduduk dengan umat muslim terbesar di dunia, merupakan pasar yang sangat potensial untuk bisnis busana muslim. Tidak hanya produsen yang menggenjot kapasitas produksinya untuk memenuhi permintaan busana muslim menjelang bulan Ramadhan, distributor, agen dan penjual eceran juga sangat antusias dengan bisnis ini. Banyak produsen busana muslim juga menjajaki permintaan pasar luar negeri yang begitu banyak. Permintaan busana muslim ini membuat produsen-produsen kewalahan dalam memenuhi permintaan pasar.

a2Bisnis busana muslim pun mengalami persaingan yang cukup ketat, namun hal ini memicu produsen mengeluarkan inovasi terbaiknya dalam mendesain hasil-hasil karya mereka. Jika Anda belum memiliki modal yang cukup, Anda bisa mencoba menjual busana muslim ini secara online, dengan mendapatkan barang dari pusat grosir atau menjadi reseller busana muslim dari brand-brand ternama. Sesuaikan produk yang kita miliki dengan tren yang beredar di pasaran saat ini, karena desain yang menarik dan mengikuti tren terbaru banyak diminati para konsumen.

Selain busana muslim, bisnis penjualan kurma juga memiliki prospek yang sangat bagus di bulan Ramadhan. Kurma adalah salah satu makanan yang dianjurkan sebagai pelengkap berbuka puasa, karena memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan, sehingga tak jarang kita melihat kurma sebagai takjil saat mengawali berbuka puasa. Oleh karena itu, permintaan kurma konsumsi umat muslim di negeri ini selama bulan Ramadhan sangat besar, dan hal ini menjadi suatu peluang bisnis yang menggiurkan.

Tidak seperti bisnis busana muslim, dimana para pebisnis atau produsennya juga mengekspor produknya untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri, pebisnis kurma justru sebaliknya. Mereka mengimpor kurma dari negara-negara kawasan timur tengah, dimana kurma itu berasal. Meskipun Anda bukan importir, Anda juga bisa menjual kurma dari para importir ini secara grosir maupun eceran. Jika Anda pebisnis yang kreatif, Anda bisa memasukkan bisnis musiman busana muslim dan kurma dalam agenda tahunan bisnis Anda.