Kenali Berbagai Modus Penipuan Online (Bagian 2)

0

Bulan lalu telah kita bahas dua modus penipuan yang harus Anda waspadai. Bulan ini Anda akan belajar mewaspadai penipuan dengan modus toko online dan account Facebook fiktif. Sekali lagi, cara paling ampuh untuk menghindarinya adalah mewaspadai harga super murah yang ditawarkan.

  1. Toko Online Fiktif
    Toko online yang tidak mencantumkan alamat, dan hanya nomor HP atau Flexi saja jelas mencurigakan. Namun di zaman sekarang, bahkan yang mencantumkan alamat pun patut diselidiki terlebih dahulu kebenarannya. Adalah sangat mudah membangun website dengan isi copy paste kanan kiri. Ada banyak kasus dimana website memuat alamat hasil copy paste, testimonial hasil copy paste, foto resi hasil copy paste.
    Sebelum bertransaksi, googling terlebih dahulu nama atau domain toko tersebut. Misalkan nama tokonya ABC, search saja “ABC penipuan” misalnya. Jika banyak hasil yang muncul yang berupa komplain orang-orang yang tertipu, maka Anda tinggal menghindarinya.
  2. Account Facebook Fiktif
    Sebuah toko di sebuah pusat perbelanjaan memasang foto gerai di websitenya. Seorang penipu meng-copy foto tersebut dan memasangnya di Facebook. Sukseslah dia menyamar sebagai halaman Facebook resmi dari toko tersebut. Lalu dipostinglah tawaran yang sangat menggiurkan berupa diskon gadget 50%. Lebih menggiurkan lagi, pembeli tidak perlu transfer penuh terlebih dahulu ! Cukup bayar DP separuh. Sisanya bisa dibayarkan saat mengambil barang ke toko yang ada di pusat perbelanjaan tersebut!

(Bersambung)

Kenali Berbagai Modus Penipuan Online (Bagian 2)

SHARE
Previous articleSugabites
Next articleCrazy Birds Siap Mendunia