Keceriaan di Hari Kemerdekaan Indonesia

0

5Graha Famili
Berbagai macam cara diselenggarakan untuk merayakan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-65 tahun, salah satunya adalah dengan menyelenggarakan aneka perlombaan dengan hal-hal yang menghibur dan mendidik. Hal inilah yang dilakukan Graha Famili yang menyelenggarakan acara bertajuk Happy Family Fun Carnaval.
Acara tersebut diisi dengan berbagai kegiatan sosial dan hiburan bertemakan lingkungan dan kemanusiaan yang diikuti oleh seluruh penghuni Graha Famili. Anita Dwi Kurnia Widya, General Manager Property Management Graha Famili mengatakan bahwa acara ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dirancang secara khusus bertemakan lingkungan dan sosial.
Perayaan kali ini berisi aktivitas panen raya kebun organik (terdiri dari sayuran organik seperti kangkung, sawi, sawi daging, bayam merah, mentimun, kacang panjang), pelepasan ratusan burung, berbagi kasih dengan anak-anak panti asuhan dan beberapa fun games seperti tangkap belut, lomba kelereng, dll. Penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan sebagai partisipasi aktif warga Graha Famili dalam memeriahkan ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia secara positif. Melalui acara ini para warga ingin agar meningkatkan kualitas lingkungan tempat tinggalnya sehingga menjadi lebih asri.
“Upaya ini sesuai dengan komitmen kami untuk menjadikan Graha Famili sebagai barometer pemukiman ideal di Surabaya yang berwawasan lingkungan”, lanjut Anita.
Panen kebun organik menurutnya merupakan kegiatan tahunan yang digelar secara rutin sejak beberapa tahun lalu. Kegiatan ini sebagai apresiasi kepada warga Graha Famili yang telah mendukung gerakan peduli lingkungan. Aktivitas ini juga diharapkan makin memotivasi warga untuk membuat kebun di halaman rumah sendiri, serta merupakan bagian dari program Graha Famili Go Organic yang dicanangkan sejak dua tahun silam.
Sementara itu kegiatan panen rayan dan pelepasan burung, Graha Famili juga menyelenggarakan acara sosial berupa pemberian bingkisan kepada anak-anak yatim panti asuhan dan sekaligus melibatkan mereka secara aktif pada kegiatan perayaan yang lain.
Penyelenggaraan kegiatan Happy Famili Fun Carnaval, jelas Anita terkait dengan program peduli lingkungan yang dijalankan di Graha Famili yang dinamakan Care Another Share Together (CAST). Program ini merupakan sebuah gerakan peduli lingkungan yang dijalankan secara simultan dan melibatkan seluruh warga graha famili.
Program ini meliputi berbagai aktivitas dan aksi peduli lingkungan yang meliputi pengolahan sampah terpadu, penanaman sejuta pohon dan upaya penghematan energi. aktivitas yang dilakukan antara lain yakni melakukan 3R (Reduce, Resue dan Recycle).
Reduce berarti berusaha mengurangi penggunaan sumber daya dan material dengan tujuan menghindari pemborosan dan timbulnya sampah. Resue berarti komitmen untuk menggunakan kembali sampah secara langsung baik untuk fungsi yang sama maupun fungsi yang lain. Sedangkan Recycle adalah memanfaatkan kembali sampah yang setelah mengalamai pengolahan atau daur ulang, tutur Anita.

Prambanan Residence
HUT Kemerdekaan RI disambut suka-cita oleh bangsa Indonesia dari kota sampai pelosok desa. Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkan HUT RI tersebut, termasuk berbagi kebahagiaan dengan aneka macam permainan. Perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-65 juga diselenggarakan di Prambanan Residence.
Perlombaan yang digelar bersifat hiburan dan merupakan perlombaan tradisional, diikuti oleh berbagai kalangan baik tua, muda maupun anak-anak. Peserta lomba berasal dari warga Prambanan Residence dan warga sekitarnya. Melisa, Promotion Manager Parambanan Residence mengatakan, bahwa acara ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI. Dengan aneka permainan tersebut diharapkan mampu menambah keakraban serta mempererat tali kekeluargaan antar warga Prambanan Residence dan sekitarnya.
Berbagai macam jenis lomba yang diperlombakan, seperti lomba sepeda lambat, balap karung, tangkap belut, sunggi tempeh, makan kerupuk, pecah kendi, bakiak, makan donat, dll.
Keceriaan dalam lomba semakin bertambah dengan adanya pengundian door prize berupa lemari es, televisi, sepeda, handphone, kebutuhan pokok, dll. Pengunjung dan peserta juga mendapatkan voucher makanan dan minuman. Acara ini mendapatkan antusias yang sangat tinggi dari masyarakat, terbukti dari jumlah pengunjung yang diluar  perkiraan.

6