Facebook Berubah Wajah, Siapa Takut?

0

a1Mungkin Anda memperhatikan bahwa akhir-akhir ini FB Page yang Anda kunjungi berubah wajah,  dengan istilah Timeline. Dari pendapat sehari-hari yang sering saya dengar, banyak yang kurang suka tampilan baru ini, karena lebih “tidak nyaman”, mungkin karena kebiasaan saja. Namun karena FB sudah memutuskan, mau tidak mau harus kita terima. Nah, daripada terus-terusan menggerutu , lebih baik kita pelajari saja. Setidaknya kita jadi bisa mengantisipasi dengan langkah yang tepat agar hasilnya maksimal. Situs www.eyetrackshop.com mengadakan penelitian terhadap cara mata memandang tampilan baru FB ini. Perhatikan gambar di bawah. Warna merah berarti daerah dimana mata paling sering terarah.

Dari penelitian tersebut didapati bahwa yang dilihat pertama kali oleh 100% pengunjung adalah gambar cover (saking gedenya) dan bukan wallnya sendiri. Picture profile yang di tampilan lama banyak dilihat, sekarang jadi kalah pamor. Selanjutnya, tingkat keterbacaan wallpun lebih bagus di tampilan lama daripada tampilan baru. Sebaliknya, informasi-informasi yang dulu sifatnya “sampingan” seperti event, jumlah like, dan sebagainya, mendadak menjadi sangat penting dan sangat banyak dilihat karena letaknya yang sedemikian rupa.

Nah, setelah fakta didapat, sekarang tinggal kita yang pintar-pintar “menyiasati” bagaimana sebaiknya menyiapkan FB Page kita untuk menarik pengunjung. Karena tempat yang tidak memungkinkan, saya akan bagi tipsnya sebagai posting-posting berkala di www.facebook.com/indonesiawebdesign di mana Anda bisa mengetahui berapa ukuran foto yang ideal untuk dijadikan cover, gambar apa yang paling menarik perhatian, apa saja yang dilarang oleh FB ditampilkan di cover, dll.

a2Junaidi Kurniawan adalah direktur Fiesto. Salah salah satu produknya adalah indonesiawebdesign.com, yaitu website dan toko online yang dirancang khusus sesuai kebutuhan pengusaha Indonesia.

Untuk pembuatan website, hubungi (031) 505-2747. Sebutkan kata kunci “IKLAN POS” untuk mendapatkan diskon Rp 600.000 hanya untuk transaksi bulan Juni 2012.