ENAKNYA MENJADI KARYAWAN OUTSOURCING

0

Karyawan Outsourcing sebenarnya dibagi menjadi dua, yaitu karyawan outsourcing harian dan karyawan outsourcing borongan. Beda dari keduanya adalah karyawan outsourcing harian melakukan kontrak kerja berdasarkan waktu tertentu, sedangkan karyawan outsourcing borongan melakukan kontrak kerja berdasarkan selesainya sebuah pekerjaan.1a

Masa kerja tenaga kerja outsourcing tidak sama dengan masa kerja karyawan tetap, karena hanya dikontrak untuk pekerjaan tertentu dan waktu tertentu, hal inilah yang acap kali menjadi momok bagi sebagian karyawan yang berstatus outsourcing, karena perbedaan cara pandang dalam memahami sistem outsourcing. Dibalik adanya beberapa nilai minus menjadi karyawan outsourcing, ada beberapa nilai plus dari sistem ini yang merupakan kelebihan dari menjadi karyawan outsourcing dibandingkan menjadi karyawan tetap.

Menjadi karyawan outsourcing adalah lebih baik, untuk seseorang yang mengkhususkan diri atau spesialisasi pada suatu bidang tertentu. Seseorang bisa menguasai sesuatu secara mendalam, dan jika skill yang dikuasainya masuk dalam kategori In Demand, dengan status karyawan outsourcing, dia bisa memilih mau bekerja dimana dan bisa memilih penghasilan berapa yang mau diambil dan memungkinkan pula untuk mengambil beberapa pekerjaan sekaligus.

Menjadi karyawan outsourcing adalah salah satu solusi bagi seseorang yang ingin mengembangkan diri secara lebih leluasa, sehingga ada kalanya, seseorang yang memiliki kompetensi dan performa yang bagus, belum bisa naik ke jenjang yang lebih tinggi, hanya karena masa kerjanya kurang dan mentok pada jabatannya saat ini. Dengan sistem outsourcing, dia bisa bebas meningkatkan skillnya dengan memilih dimana dia akan bekerja, dan sebagai apa.

Menjadi karyawan outsourcing merupakan salah satu jalan untuk bekerja secara fleksibel dalam hal waktu dan tempat. Dengan menjadi karyawan outsourcing untuk beberapa perusahaan dan pekerjaan tertentu, diperbolehkan untuk mengerjakan pekerjaannya secara remote, dimana tidak harus datang ke kantor tersebut dan mengerjakan pekerjaannya disana. Biasanya karena sifat pekerjaannya yang cenderung project based, maka yang paling penting adalah result (mirip tenaga freelance). Untuk menjadi tenaga kerja outsourcing seperti uraikan diatas, tentu saja kuncinya ada pada kompetensi dan performa yang bagus, agar kemampuan daya tawarnya tinggi. (adv)

Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi :

PT Terminal Jasa (Outsourcing Company)

Jl Jemursari 205 Blok B 2 Surabaya Telp (031-8421642/031-70694459).