Education is your Investment

0

educationMeski tahun ajaran baru 2010/2011 masih lama, namun atmosfir pendaftaran siswa baru sudah mulai terasa. Orangtua mulai sibuk menyurvei sekolah yang memiliki nilai lebih. Tak ayal, mereka rela berkeliling Kota Pahlawan agar bisa mendapatan sekolah yang tepat untuk anaknya.
Lembaga pendidikan pun juga mulai sibuk membuka pendaftaran siswa baru (PSB). Mereka berlomba-lomba menarik simpati para calon siswa dan orang tuanya dengan menawarkan keunggulan kurikulum, berbagai fasilitas dan kelengkapan sarana prasarana.
Bahkan ada beberapa sekolah yang sudah membuka pendaftaran mulai Oktober 2009 dan juga ada yang menerima pendaftaran sepanjang tahun. Namun, ada fenomena yang menarik, meskipun pendaftaran belum dibuka, tak sedikit orangtua yang sudah inden.
Tentunya sudah bisa ditebak, persaingan antar sekolah favorit untuk menggaet calon siswa baru, tak bisa terelakkan lagi. Mereka bisa diibaratkan ‘bertempur’ dalam medan yang diberi nama pasar bebas. Brosur-brosur bertebaran di mana-mana. Di tambah spanduk yang dipasang di beberapa tempat. Ada juga yang menggelar ekspo di mal-mal untuk mengenalkan sekolahnya.
Setiap sekolah memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri. berikut ini beberapa sekolah yang ada di Surabaya.
Surabaya European School
2bSurabaya European School merupakan sekolah international dengan guru-guru pembicara berbahasa Inggris 100% asli yang unggul dan berkualitas di bidangnya.
Peserta didiknya beragam dari berbagai penjuru Eropa, Australia, Amerika, Asia Tenggara dan Indonesia.  Dari umur 3 sampai 16 tahun. Belajar dan bersosialisasi dengan kurikulum dari Inggris yang berkualitas dan terstruktur, mengarahkan anak-anak didiknya menjadi seorang yang mandiri, cerdas, aktif.
Kurikulum nasional Inggris dengan keunggulan pada pelajaran English, Mathematics, dan Science melalui sistem pengajaran yang berfokus pada stimulasi kreativitas siswa ditunjang oleh teknologi pengajaran yang canggih melalui pengantar bahasa Inggris murni membawa anak-anak didik SES ke dalam suasana belajar mengajar yang menyenangkan, penuh pendalaman ilmu dan berorientasi kreatif. Dilengkapi pula dengan mata pelajaran yang lain seperti Information Communication Technology, Mandarin, History, Geography, Religious Education, Music, Physical Education, Art and Design/Technology yang juga sarat. Pendaftaran siswa baru dapat dilakukan sepanjang tahun dan tanpa tes.
Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM)
2aMenurut Muznah, Kepala Sekolah SD SAIM ada tiga alasan mengapa disebut dengan sekolah alam, pertama, ingin memperlakukan anak secara alami sesuai perkembangan psikologis mereka. Kedua, ingin mengenalkan anak-anak pada kehidupan ini secara nyata tidak hanya teoritis. Ketiga, ingin mengenalkan anak-anak pada kehidupan alam sebagai media pembelajaran.
Untuk masuk ke SAIM, calon siswa baru cukup membeli formulir pendaftaran setelah itu siswa akan diobservasi untuk mengetahui . ”Tak ada tes akademis atau tulis untuk masuk ke sini”, tambah Muznah.
Pendaftaran siswa baru SAIM pun sudah dimulai sejak bulan Januari lalu.
Biaya pendidikan untuk sekolah dasar meliputi uang pendaftaran Rp 250.000, dana Sumbangan Gedung Rp 9 juta, uang kegiatan Rp 1.9 juta/tahun dan SPP Rp 600.000/bulan. Sedangkan untuk SMP uang pendaftaran Rp 300.000, uang sumbangan gedung Rp 11 juta, uang kegiatan Rp 2.1 juta/tahun, uang SPP Rp 850.000/bulan dan uang seragam (Uniform, O.R, Lab) Rp 600.000.
Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia (YPPI) Surabaya
2cYPPI merupakan lembaga pendidikan umum yang berbasis multikultur. YPPI memiliki 10 sekolah dan satu universitas yang tersebar di Surabaya. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum nasional yang dikembangkan dengan kurikulum lokal. Tingkat SD bentuk pembelajarannya mengacu kurikulum Singapore terutama math and sains. Program pendidikan menitikberatkan pada pembentukan aspek kemandirian, motivasi diri, pengembangan kreativitas, pembekalan lifeskills dan pembentukan karakter.
YPPI telah mendesain dan mengimplementasikan “IT based Learning” dimana bagi guru, WEB browsing dan Blog telah menjadi bagian penting dalam proses menemukan dan menyampaikan bahan pengajaran secara cepat dan tepat untuk mendukung pemahaman dan penguasaan materi yang diberikan kepada siswa.
Pendaftaran siswa baru sudah dibuka sejak Oktober 2009. ”Saat ini per tanggal 20 Februari sekitar 80% sudah close” ungkap Cornelia Natalia W, Head of Marketing & Admission Div YPPI.
Terdapat tes tulis bagi siswa yang ingin masuk ke sekolah YPPI. Tes tersebut meliputi tes matematika, bahasa Indonesia dan observasi. Ketika ditanya mengenai berapa biaya pendidikannya, Cornelia mengatakan bahwa biaya tergantung sekolah masing-masing dan lebih baik untuk tanya ke sekolah yang bersangkutan.
Sekolah Citra Berkat
Sekolah Citra Berkat merupakan sekolah yang memberikan nilai-nilai entrepreneur kepada para siswanya. Menurut Vivin, koordinator operasional sekolah Citra Berkat bahwa sekolah ini merupakan keinginan bapak Ciputra untuk membuat sekolah nasional dengan biaya yang tidak terlalu mahal dengan memasukkan nilai-nilai entrepeneurship dalam kurikulum pembelajaran.
Selain kurikulum Nasional, Sekolah Citra Berkat mengembangkan kurikulum lokal dengan penekanan pada pembentukan mindset dan karakter entrepreneur seperti kemandirian mengambil resiko serta terbuka terhadap peluang-peluang baru.2d
Sistem pembelajarannya menggunakan pola siklus belajar. Dimulai dari eksplorasi (siswa melihat apa yang ada untuk dieksplorasi kemudian berusaha menuangkan apa yang mereka dapat ke tahap planning. Setelah itu dilanjutkan ke tahap producing kemudian dilanjutkan ke Communicating (mengkominikasikan apa yang mereka hasilkan) dan selanjutnya reflecting (evaluasi akhir).
Pendaftaran siswa baru sudah dimulai sejak November 2009. Persyaratannya membeli formulir pendaftaran, memenuhi syarat administrasi, dan observasi siswa. “Tak ada tes khusus/tes akademis” tutur Vivin.
Biaya pendidikan yang dibanderol sekolah Citra Berkat tingkat SD adalah pembelian formulir pendaftaran Rp 55.000, uang gedung Rp 5 juta, SPP Rp 430.000/bulan, uang seragam Rp 350.000 dan paket perlengkapan Rp 175.000. Sedangkan untuk tingkat SMP uang gedung Rp 5.75 juta, SPP 530.000/bulan dan uang seragam Rp 350.000 serta paket perlengkapan Rp 150.000.