Digital Marketing Mendongkrak Penjualan

0

a1Digital Marketing tidak bisa dielak, bagi perusahaan-perusahaan yang ingin tetap eksis bersaing dengan para kompetitornya.

Komunikasi Pemasaran Terpadu atau yang sering disebut dengan IMC (Integrated Marketing Communication)  merupakan sebuah proses strategi bisnis dalam mengelola hubungan dengan konsumen, yang intinya untuk menggerakkan brand value. Komunikasi pemasaran yang menggunakan konsep perencanaan komprehensif untuk mengevaluasi peranan strategis dari berbagai elemen komunikasi pemasaran, seperti public relation, advertising, direct selling, sales promotion, dan interactive marketing, memberikan kejelasan, konsistensi, serta pengaruh komunikasi yang maksimal, antara sebuah brand dengan konsumennya.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, disertai dengan antusiasme masyarakat yang selalu mengikutinya, membuat banyak perusahaan membuat strategi marketing yang baru. Saat ini penggunaan strategi Digital Marketing tidak bisa dielak, bagi perusahaan-perusahaan yang ingin tetap eksis bersaing dengan para kompetitornya. Digital Marketing atau Pemasaran Digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen. Esensi dari strategi pemasaran digital adalah penggunaan berbagai macam channel sebagai strategi, dengan catatan semua channel tersebut haruslah terintegrasi.
Strategi Digital marketing pada dasarnya merupakan sesuatu yang berkaitan dengan ide-ide yang dituangkan dalam dunia digital, yang menjadi tolak ukur kesuksesannya ketika produk-produk yang ditawarkan menjadi bahan pembicaraan masyarakat. Digital Marketing merupakan salah satu channel yang sedang tren. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba masuk ke ranah ini, untuk menikmati lezatnya Word Of Mouth dari para netizen yang efeknya sangat dahsyat, mendapatkan brand awareness yang dapat mendongkrak atau meningkatkan penjualan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, perlu strategi khusus untuk menggarap kegiatan kampanyenya.
Tren merupakan faktor yang amat sangat berpengaruh dalam mendongkrak kesuksesan sebuah kampanye. Cara yang harus ditempuh agar kampanye kita cepat booming, hendaknya mengikuti tren yang sedang berlangsung. Konsumen tentunya menyukai hiburan, hadirnya sebuah konten yang menghibur dalam sebuah kampanye, merupakan satu daya tarik untuk mempertahankan konsumen, serta menjaring konsumen baru yang kian waktu kian meningkat jumlahnya. Hal yang juga harus digaris bawahi, bahwa kampanye online tak bisa berdiri sendiri tanpa didukung dengan offline, oleh karena itu aktivitas marketing online dan offline harus sejalan.
Apabila strategi Digital Marketing itu dilakukan dengan baik, perusahaan atau pebisnis akan mendapatkan banyak sekali keuntungan dari penerapan Digital Marketing. Keuntungan atau manfaat tersebut bisa bersifat tangible maupun intangible. Keuntungan tangible yang akan diperoleh perusahaan dari penerapan strategi pemasaran melalui Digital Marketing ini adalah peningkatan penjualan yang berasal dari sales leads baru di internet. Selain itu, perusahaan juga akan menghemat biaya, karena penggunaan internet dapat mengurangi budget yang harus dikeluarkan, untuk pencetakan dan distribusi atribut-atribut komunikasi pemasaran.

Selain keuntungan tangible, perusahaan juga akan mendapatkan keuntungan intangible, yaitu keuntungan yang sifatnya lebih abstrak dan lebih sulit diukur, tetapi juga berdampak besar pada bisnis. Manfaat intangible tersebut di antaranya adalah brand enhancement, peningkatan kualitas customer service, pemasaran yang lebih cepat dan responsif, serta kemudahan mendapatkan feedback tentang produk dari customer. Strategi pemasaran secara digital atau melalui internet, dapat disesuaikan dengan strategi bisnis yang sedang dan akan dijalankan oleh perusahaan. Anda bisa mengkalkulasi strategi apa yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda saat ini.