Berbisnis Diranah Daring dengan Toko Online

0

onlineDitengah ekonomi yang semakin sulit ini, banyak orang berusaha mencari cara untuk menambah income mereka. Jika Anda seorang karyawan, biasanya Anda akan mendapat penghasilan tambahan dengan mengambil lemburan, namun waktu istirahat Anda bersama keluarga menjadi dikorbankan.

Saat ini dengan adanya teknologi internet yang perkembangannya semakin pesat, memungkinkan kita untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan, menjalankan bisnis dengan membuka usaha sendiri, tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Salah satunya  adalah dengan Bisnis Online. Bisnis Online adalah bisnis yang dijalankan secara online di internet, prinsipnya sama seperti menjalankan bisnis offline, ada produk dan jasa yang dijual, agar bisa menghasilkan uang. Bisnisnya dijalankan secara online di internet, pemasaran dilakukan melalui internet dan pembelinya juga didapat melalui internet.
Untuk menjalankan Bisnis Online ini tentunya kita harus mempunyai Toko Online, layaknya toko-toko pada umumnya, tetapi sifatnya Online. Toko online atau yang dalam istilah asingnya lebih dikenal dengan e-commerce, mulai diperhitungkan sebagai alat untuk menggantikan transaksi penjualan secara langsung. Electronic Commerce (e-commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi, yang dilakukan secara electronik dengan memanfaatkan akses internet.
domainMembuat Toko Online bisa Anda lakukan dengan membangun sebuah website, baik dengan website yang berbayar maupun gratisan. Tapi banyak yang menyarankan untuk menggunakan web yang berbayar saja, karena sekarang banyak jasa, yang menawarkan pembuatan web dengan harga domain, hosting, dan desain yang murah. Dengan memiliki sebuah website untuk bisnis Toko Online Anda, Anda mampu menjadikannya sebagai Company Profile untuk mengenalkan produk-produk Anda ke seluruh penjuru dunia, tanpa perlu repot mengirimkan katalog setiap waktu, ketika konsumen Anda memintanya.
Untuk mempunyai Toko Online biasanya modal yang diperlukan sangatlah jauh lebih murah, daripada kita harus membuka toko konvensional. Hanya perlu domain dan hosting, tanpa perlu menyewa tempat (seperti toko konvensional). Sebuah toko fisik atau konvensional biasanya hanya buka beberapa jam saja, misalkan dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam, di luar jam itu pembeli yang ingin melakukan transaksi tidak bisa terlayani lagi. Dengan menggunakan Toko Online hal itu bisa teratasi, sebuah Toko Online mampu menggelar  barang dagangan atau produknya 24 jam penuh.
Selain memberikan banyak kelebihan dalam membantu Anda berbisnis, ada beberapa kekurangan juga yang perlu Anda perhatikan dalam membuka sebuah Toko Online. Barang atau produk-produk yang akan kita jual hanya
dapat dilihat oleh orang yang mempunyai media yang terkoneksi dengan internet. Diperlukan keahlian khusus untuk membuat dan mengoperasikan Toko Online, bagi Anda yang masih awam dengan pengoperasian komputer tentunya
Anda akan mengalami kesulitan. Tapi Anda tidak perlu bimbang, karena sekarang sudah banyak kursus privat  dan video tutorial dalam bentuk CD atau DVD yang bisa membuat Anda belajar akan hal itu.
Agar Toko Online Anda banyak dikunjungi pembeli atau konsumen, tentunya dibutuhkan promosi dan beberapa kiat khusus agar toko Anda ramai pengunjung. Banyak hal bisa Anda lakukan, beberapa diantaranya adalah, Anda bisa berpromosi mengenalkan link web Toko Online Anda di beberapa situs-situs jejaring sosial, menjadi anggota di situs jual beli, baik situs jual beli internasional maupun situs jual beli lokal seperti kaskus dan sebagainya.
Kaskus adalah situs jual beli terbesar di Indonesia, sedangkan situs jual beli terbesar di dunia adalah eBay. Untuk meningkatkan kunjungan ke toko Anda, Anda juga bisa memanfaatkan Optimasi Mesin Pencari atau yang biasa disebut SEO (Search Engine Optimization).
onlinebisnisSebetulnya tujuan SEO sangat sederhana, yaitu untuk menarik pengunjung baru ke website Anda, membuat website Anda lebih mudah ditemukan dan mencoba memberikan apa yang dibutuhkan oleh pengunjung dengan apa yang ditawarkan di website Anda. Search engine dapat dianggap sebagai biro iklan di dunia maya yang akan mempromosikan halaman-halaman dalam sebuah website dengan kata kunci tertentu. Oleh karena itu, SEO sangat diperlukan oleh sebuah website agar dapat dipromosikan lebih gencar lagi oleh sebuah search engine. Dengan gencarnya promosi yang dilakukan, maka akan lebih banyak lagi orang yang mengetahui website anda serta diharapkan bisa menambah customer baru seperti yang Anda inginkan.
Mengelola toko online ternyata bukan perkara mudah, salah satu faktor penting dalam pengelolaan toko online adalah dalam hal “customer care” atau pelayanan pelanggan. Beda halnya dengan dengan toko biasa yang langsung bisa bertatap muka dengan pelanggan, disini kita hanya bisa berkomunikasi lewat media. Media yang digunakan bisa bermacam-macam, antara lain telepon, sms, email, chatting dll. Tidak semua pelanggan suka menggunakan telepon atau email untuk berkomunikasi. Untuk itu kita harus menyiapkan diri untuk mempersenjatai toko online kita dengan berbagai alternatif media komunikasi.
Sebagian besar pemilik Toko Online, menjadikan usahanya sebagi sumber utama penghasilan, tetapi tidak sedikit pula yang menjadikan Toko Online sebagai sumber penghasilan sampingan. Mereka yang menggunakan Toko Online sebagai sumber penghasilan sampingan, biasanya adalah mereka yang memiliki hobi berselancar di dunia maya dan tertarik untuk mencoba membuka usaha Toko Online, karena prosedurnya yang cenderung lebih mudah didirikan, dibanding mendirikan sebuah Toko Offline. Bagi Anda yang tertarik untuk berbisnis di ranah daring, membuka Toko Online adalah salah satu alternatif yang bisa di coba.