BELAJAR DARI LEBAH

0

BELAJAR DARI LEBAH

By: Coach Ruaniwati**

 

Lebah madu paling umum kita kenal dari produk yang dihasilkannya, yaitu madu. Seperti kita ketahui, madu mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, sangat baik dikonsumsi rutin, juga untuk anak-anak. Yang menarik ternyata koloni lebah madu, bagaimana mereka hidup dan pengaturan sarang dapat meng-inspirasi kita dalam bisnis. Ingin tahu?

Sarang lebah madu dimana koloni berada serupa dengan mesin yang flexigid, bersifat luwes sekaligus kaku, dapat dibengkok-kan tapi juga pejal. Sarang lebah mempunyai jenis pembagian kerja, temporal dan fungsional.

Temporal adalah tugas yang diberikan kepada lebah yang telah berkembang keahliannya, mempunyai spesialisasi dan mampu melaksanakan tugas-tugas yang menantang serta berbahaya, misalnya mencari daerah baru untuk penempatan koloni atau daerah baru tempat sumber makanan.
Sedang tugas fungsional adalah pelaksanaan tugas rutin sesuai struktur pembagian tanggung jawab di koloni.

Dalam bisnis kita juga mestinya mampu menjadi “flexigid”, luwes sekaligus kaku. Memberi ruang untuk anggota tim kita mengembangkan keahlian dan spesialisasi-nya, yang pada gilirannya memberikan manfaat bagi perusahaan. Bagaimanapun juga, semakin ahli dan sepadan kemampuan seseorang, maka semakin efisien suatu “organisasi” (baca: koloni dalam bahasa lebah).

Irama waktu harian yang dipunyai oleh koloni lebah berfungsi untuk meningkatkan hasil bahkan mendapatkan keuntungan terbaik. Irama waktu ini disesuaikan dengan kondisi koloni, memberi tanda kepada koloni lebah untuk menjadi lebih peka dan tanggap terhadap perubahan yang terjadi di sekeliling mereka.

Dengan irama ini koloni lebah mempunyai metode mengenali kondisi di luar sarang mereka.  Sebagai contoh, antrian yang panjang bagi penyetor nektar berarti kondisi di luar sarang baik dan makanan berlimpah. Sebaliknya, jika tidak ada antrian, berarti pasokan makanan di luar sarang sedikit dan jarak sumber makanan jauh.

Lebah madu kemudian akan memberikan tanda genting kepada lebah pencari makan untuk bergerak mencari sumber makanan yang baru. Pada saat bersamaan, koloni akan menyesuakan sistem operasi mereka dengan kebutuhan ini dengan memperbesar penyimpanan makanan dan mengatur efisiensi kebutuhan makanan dalam koloni.

Hebatnya, penandaan ini berlangsung otomatis, sehingga petugas-petugas di koloni secara otomatis berfungsi sesuai kebutuhan sarang. Dalam suatu organisasi bisnis, irama waktu ini dapat digunakan untuk  mengatur lingkungan yang dinamis untuk memastikan keberhasilan optimal.

Misalnya, bagi mereka yang bisnisnya terpengaruh musim lebaran, maka begitu beberapa waktu mendekati masa puasa, secara otomatis mulai menghitung persediaan, persiapan kebutuhan material yang mungkin harus tersedia. Mengatur pegawai, jika perlu membentuk tim khusus untuk produksi, memastikan distribusi penjualan barang dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan ini. Pengaturan waktu yang baik adalah salah satu kunci keberhasilan Anda.

Hal ini disebut umpan balik, seberapa kemampuan perusahaan Anda untuk mengenali kondisi di luar dan meng-integrasi-kannya dengan kebutuhan Anda? Semakin cepat Anda meng-akomodasi kondisi di luar Anda dan mampu menyesuaikan diri, semakin siap perusahaan Anda untuk mampu menangkap peluang. Bagaimana irama waktu di bisnis Anda?

Ada baiknya Anda memeriksa kesehatan bisnis secara teratur untuk memastikan Anda tetap tajam menghadapi persaingan yang disertai aturan bisnis yang berubah-ubah. Salam The Next Level!

 

** Coach Ruaniwati: pelatih bisnis dengan pengalaman lebih dari 16 tahun di bidang marketing, branding, dan advertising.

 

Office: ActionCOACH-BARACoaching Surabaya

Alamat: The Terrace Pakuwon Trade Center (PTC) 03-05Surabaya

Telp. (031) 7390666

Free Tips Bisnis Add Pin: 2756CDEE