BAPAK SUKA LAGU APA?

0

BAPAK SUKA LAGU APA?

By: Coach Suwito**

 

Satu hari saya mampir ke sebuah toko CD untuk melengkapi koleksi disk musik saya.

“Bapak suka lagu apa? Tanya si pegawai toko.

“Ehm…yang rancak,” jawab saya datar.

“Mari, Pak, di sebelah sini. Dua deret ini iramanya rancak. Kalau Bapak suka yang instrumen, ada di rak yang itu. Kalau Bapak suka yang bahasa inggris, ada di sebelah sana,” demikian si pegawai toko ‘nyrocos’ dengan lancarnya.

Diam-diam saya mulai mengamati tempat ini. Tatanannya apik, teratur. Si pegawai juga aktif dan pintar menjual. Tapi sayangnya toko ini sepi pengunjung. Kenapa ya?

Yang pertama saya amati tentu saja LOKASI. Dan ternyata lokasi toko ini tidak jelek, karena bersebelahan dengan ATM centre dan cukup banyak orang yang lalu lalang mengunjungi ATM centre itu.

Lokasi sudah cukup oke. Lalu, perhatian saya tertarik ke interior-eksteriornya yang terkesan biasa-biasa saja. Saya jadi teringat dengan prinsip AIDA. AIDA merupakan prinsip pemasaran, dimana konsumen dibuat untuk tertarik lebih dulu (Attract), lalu membangkitkan keinginan atau minat mereka (Interest), menimbulkan keinginan untuk membeli atau memakai produk/ jasa kita (Desire), sebelum akhirnya benar-benar melakukan transaksi dengan Anda (Action). Tampaknya toko ini perlu sentuhan AIDA.

Mungkin interior-nya perlu sedikit diubah. Selain diisi dengan deretan rak dan CD, pemilik toko bisa menambahkan sofa atau tempat duduk yang didesain sedemikian rupa, agar pengunjung sedikit lebih lama berada di situ. Mendengarkan musik dengan lebih santai dan nyaman. Melihat film terbaru berikut sinopsisnya dari layar video yang anda sediakan di sekitar area duduk.

Bukan hanya itu, fasilitas seperti wifi juga perlu. Pengunjung bisa dengan mudah browsing tentang informasi film dan musik favorit juga terbaru. Sediakan juga satu unit komputer untuk informasi, CD apa saja yang disediakan.

Sekarang mari beralih pada eksterior toko. Saya belum melihat ada poster atau papan iklan di luar toko. Sayang sekali, bukankah desain poster atau iklan eksterior yang eye catching bisa jadi senjata Attrack dalam prinsip AIDA, untuk ‘memaksa’ calon pengunjung masuk?

Bicara konsep menarik, bukan hanya tentang desain tempat saja. Selain tempat, ada banyak poin bisa ditambahkan untuk menarik perhatian pengunjung atau konsumen. Salah satunya, dengan keanggotaan (membership). Secara tidak langsung, membership adalah sebuah bentuk pengakuan diri konsumen, bahwa mereka merupakan bagian dari sebuah komunitas (baca: bisnis anda).

Dengan bersedianya mereka menjadi anggota, bisa diartikan mereka mulai percaya dengan kita. So, berikan keuntungan dan manfaat lebih melalui membership, agar mereka bukan saja percaya, tapi kemudian loyal terhadap kita.

Nah, bagaimana dengan Anda? Setelah membaca cerita di atas, sudahkah terbersit prinsip AIDA yang bisa ‘disentuhkan’ dalam bisnis Anda?

Salam The NEXT Level!

 

** Coach Suwito Sumargo: The Winner Supportive Coach Award & System Award 2014 (Business Excellence Forum Award 2014)

Office: BARACoaching (ActionCOACH) PTC Surabaya

Alamat: The Terrace Pakuwon Trade Center (PTC) 03-05Surabaya

Telp. (031) 7390666

 

 

BARACoaching (ActionCOACH Surabaya)

The Terrace Pakuwon Trade Center (PTC) TT 03-05

Jl. Puncak Indah Lontar 02 Surabaya

Tlp. (031) 739-0666

(Free Tips Bisnis Add Pin: 2756CDEE)