Apa Itu Pendidikan Entrepreneurship?

0

pendidikanenterpreneurshipSeiring berjalannya waktu dan perkembangan globalisasi di seluruh dunia, membawa perubahan di setiap lini kehidupan, termasuk di dalamnya dunia pendidikan formal. Suatu hal yang semakin tidak dapat dipungkiri dan dipandang sebelah mata, bahwa kurikulum pendidikan yang selama ini dikembangkan di Indonesia masih terbatas pada bagaimana membuat siswa didik untuk sekedar tahu.
Dibutuhkan lebih dari sekadar kepandaian cognitive dan indeks prestasi yang memuaskan untuk dapat bertahan, bahkan menjadi pemenang di era globalisasi ini. Skill dan mindset seorang entrepreneur, yaitu bagaimana bisa membaca peluang, menciptakan peluang, berinovasi, berani mengambil risiko yang telah diperhitungkan bahkan sampai mengubah rongsokan menjadi emas, mutlak harus dimiliki siswa. Skill dan mindset inilah yang dikembangkan dalam kurikulum entrepreneurship dengan muatan pembentukan karakter siswa agar memiliki sikap hidup yang berdampak terhadap sesama dan lingkungannya.
Dengan demikian ketika siswa menyelesaikan semua jenjang pendidikan formalnya, mereka siap bersaing dan menjawab tantangan abad 21, bagaimana menciptakan peluang bagi diri sendiri dan bagi orang lain. Mereka tidak lagi harus bersaing dengan jutaan teman seperjuangannya untuk mencari pekerjaan, tetapi merekalah yang akan menciptakan pekerjaan bagi teman-temannya.