Alternatif Baru Mall Surabaya

0

Surabaya adalah ibukota Provinsi Jawa Timur, kota ini merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Sebagai kota metropolitan, Surabaya menjadi pusat kegiatan perekonomian, bisnis, perdagangan, industri dan pendidikan, serta tempat rekreasi atau wisata di kawasan Indonesia timur. Menapaki usianya yang ke-718, warga Surabaya dimanjakan dengan hadirnya Mall atau pusat bisnis baru di awal tahun 2011, dengan hadirnya Grand City Mall & Convex yang ada di pusat kota dan EastCoast Center yang terletak dikawasan Surabaya Timur.

02

Grand City Mall & Convex

Berada dikawasan yang strategis, tepatnya di jantung kota Surabaya dan berdiri di atas lahan seluas 5 hektar dengan bangunan seluas 180.000 m2, Grand City Surabaya menawarkan sebuah high-end shopping mall, convention yang berstandard internasional dan exhibition center, serta beberapa fasilitas pendukung lainnya. Bangunan Shopping Mall berbentuk layaknya sebuah kurva melengkung, yang langsung menghadap Kalimas, Mall yang luasnya 81.000 m2 ini terdiri dari 5 lantai dan 1 basement floor.

Interior mall ini dibedakan oleh dua konsep, yang mengkombinasikan elemen-elemen dari Barat dan Timur, hal ini ditandai dengan pola, warna, pencahayaan, dan konsep karya seni, seperti lukisan transparan menggantung di tengah kekosongan yang melewati setiap lantai. Karena segmen yang dibidik adalah segmen high end, mall ini dilengkapi dengan fitur perbelanjaan seperti merek fashion internasional, department store & supermarket internasional, salon kecantikan dan pusat kebugaran, restoran dan kafe ternama, bioskop eksklusif dengan 7 layar serta arena hiburan untuk anak-anak dan keluarga.

Convention dan Exhibition Center terletak di dekat mall dan tergabung dalam satu bangunan. Tidak seperti bangunan mall, Convention dan Exhibition Center memiliki bentuk persegi panjang. Sirkulasi pola antara mall dan tempat pameran ini sangat memudahkan pengunjung, dalam mengakses koridor yang tersedia di tiap lantai. Dilihat dari luar, bangunan ini tampak seolah-olah sebagai bangunan tunggal, namun nampak jelas dari segi interiornya bahwa terdapat pemisahan fungsi yang jelas. Convention dan Exhibition Center memiliki fasilitas antara lain, ruang multi guna, ruang pertemuan dan tempat pernikahan berkelas internasional, yang pertama di Surabaya.

Dengan total area seluas 21.000 m2, Grand City Surabaya menyediakan ruang pameran dan fasilitas yang terbesar diluar Jakarta, lengkap dengan ballroom yang termewah di Surabaya. Fasilitas ini dirancang dengan langit-langit setinggi 12.8m dan dapat menampung beban seberat 2 ton/m2. Warna silver mendominasi interior ruangan ini dan dipadu dengan sistem pencahayaan yang sangat bagus. Terdapat juga area parkir yang dapat menampung 2.500 mobil (lower ground, areal parkir dan gedung parkir) dan 500 sepeda motor.

Menurut Aurellia Dewi Yana, Marketing Communication Senior Manager Grand City, kedepannya juga akan dibangun hotel berbintang lima dan service apartment. Rencana utama sekaligus rencana kegunaan atas bangunan komersial ini dirancang oleh RTKL Los Angeles, salah satu konsultan arsitektur kelas dunia yang berpengalaman. Arsitektur Grand City yang modern, menjadi ikon baru bagi Kota Surabaya, serta akan meningkatkan cakrawala arsitektur di Kota Pahlawan.

01

EastCoast Center

Pakuwon Group semakin mengukuhkan reputasinya sebagai pengembang area komersial, yang sukses di Surabaya maupun Jakarta. Kini Pakuwon Group kembali menghadirkan pusat komersial terbaru, EastCoast Center, yang resmi dibuka 22 Oktober 2010 dan mewarnai hadirnya Mall-mall baru di Surabaya di awal tahun 2011. EastCoast Center ini terletak di Pakuwon Town Square Pakuwon City yang merupakan kawasan Hunian dengan pengembangan konsep kota mandiri seluas 600 hektar di Surabaya Timur.

East Coast Center merupakan pusat komersial dengan luas bangunan 55.000 m2. Mall yang ada di kawasan Surabaya Timur ini dilengkapi dengan Atrium seluas 300 m2, yang dapat digunakan sebagai venue Ulang Tahun, Graduation serta tempat untuk pelaksanaan pameran dan aneka lomba atau kegiatan lainnya. EastCoast Center juga dilengkapi dengan area CityWalk, dimana Anda dapat menikmati aneka makanan dan minuman ringan dengan nuansa taman yang asri.

fasilitas yang menarik juga terdapat di East Coast Center. Beberapa diantaranya yaiitu Le Ballroom, City Park, Food Festival (tempat wisata kuliner & permainan), Twin Lagoon Amphithetre (taman danau rekreasi), Sekolah Nasional Plus Gloria, Internasional School Cita Hati, Sekolah Al Azhar dan yang sedang dalam taraf pembangungan adalah Sekolah Tiga Bahasa Xin Zhong dan Universitas Widya Mandala.

Sebagai gedung komersial 7 lantai, East Coast Center juga dilengkapi berbagai tenant seperti Hypermart, Ace Hardware, Cinema XXI dan lain sebagainya. Menurut Yeni Novilia, Promotion Manager EastCoast Center, Mall ini juga menyediakan aneka wahana permainan bagi anak-anak seperti Sepeda Tandem, Naik Kuda, Flying Fox, Bom-Bom Car, Kereta Wara-Wiri dan aneka wahana permainan lainnya.