E-Commerce Makin Menggeliat Di 2013

0

Potensi pasar E-Commerce di negeri ini semakin meningkat setiap tahunnya, hal ini juga didukung dan dipengaruhi oleh pesatnya peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia.

a

Sejak dahulu sampai saat ini, manusia selalu memperbaharui sistem perdagangan yang mereka lakukan sesuai dengan peradaban dan teknologi yang dimilikinya. Sejalan dengan apa yang mereka lakukan, sistem atau cara, serta sarana yang digunakan dalam transaksi perdagangannya senantiasa berubah mengikuti perkembangan jaman. Salah satu bentuk perdagangan yang kita kenal saat ini ialah hadirnya E-Commerce. Para ahli dan pelaku bisnis mendefinisikan Electronic Commerce atau E-Commerce (Perdagangan Electronik), sebagai bentuk transaksi perdagangan atau perniagaan barang dan jasa, dengan menggunakan media elektronik.

Kegiatan perniagaan tersebut adalah bagian dari kegiatan bisnis, E-Commerce merupakan bagian dari Electronic Business (E-Business), atau bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission. Media elektronik yang difokuskan saat ini adalah dalam hal penggunaan internet sebagai pendukung atau sarana E-Commerce, karena yang paling populer dan banyak digunakan oleh orang. Penggunaan internet dipilih oleh kebanyakan orang karena kemudahan yang dimilikinya dan cakupannya yang begitu luas. Dan hal ini juga tidak menutup kemungkinan penggunaan media jaringan selain internet, untuk masa yang akan datang.

Potensi pasar E-Commerce di negeri ini semakin meningkat setiap tahunnya, hal ini juga didukung dan dipengaruhi oleh pesatnya peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia. Banyak pakar dan analis yang memperkirakan jumlah pemain dan transaksi E-Commerce di tahun ini, akan meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2012. Menurut hasil survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia pada tahun 2012 mencapai 63 juta orang atau sekitar 24,23% dari jumlah penduduk Indonesia. Pada tahun 2013, pengguna internet di Indonesia diperkirakan akan mencapai 82 juta orang, dan 107 juta orang di tahun 2014.

Tingginya pengguna internet di Indonesia baik melalui desktop maupun smartphone, telah memunculkan budaya belanja online yang kian marak saat ini. Hal tersebut merupakan sinyal yang bagus bagi para pebisnis, untuk terjun dan mengembangkan bisnis ini yang prospeknya begitu menjanjikan setiap tahunnya. Tidak hanya perusahaan-perusahaan besar yang mencoba mengalihkan bisnisnya dalam pemetaan E-Commerce di Indonesia, banyak pebisnis atau perorangan yang bermain di bisnis ini dengan kreativitas yang mereka punya. Mereka berlomba untuk memberikan layanan yang baik bagi konsumen dan para pelanggannya.

Inovasi yang dikembangkan penyedia smartphone, memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mengakses E-Commerce. Begitu juga pesatnya perkembangan pengguna sosial media, menjadi peluang bagi pengembangan bisnis, melalui E-Commerce. Selain didukung oleh jaringan internet dan penggunanya, pertumbuhan bisnis E-Commerce ini juga di dukung oleh sistem pembayaran online dan jasa pengiriman, yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi. E-Commerce telah tumbuh dan berkembang menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Secara bertahap masyarakat mulai beralih dari transaksi konvensional menjadi transaksi elektronik (online).

Bisnis E-Commerce semakin berkembang dengan produk yang semakin beragam. Diperlukan edukasi lebih intensif kepada masyarakat mengenai penggunaan E-Commerce yang aman dan bertanggungjawab, sehingga masyarakat mengerti akan perlindungan terhadap kejahatan Cyber yang mengatasnamakan E-Commerce. Sekarang pemerintah sedang menggodok Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) mengenai mekanisme E-Commerce, agar terselenggara praktek bisnis yang adil, rencananya peraturan ini akan selesai pada tahun 2013 ini. Bisnis ini semakin menggeliat di tahun 2013, dan merupakan lahan bisnis yang patut dilirik bagi Anda para pebisnis.