4 Kepribadian Pendukung Pengembangan Perusahaan

0

19-5Apakah Anda sering berganti rekan kerja dalam menjalankan suatu usaha ? Apakah usaha Anda seringkali berjalan stagnan ? Jika Anda menjawab iya, coba simak 4 tipe kepribadian berikut ini :

Tipe Pembuat Ide : tipe ini adalah mereka yang memiliki begitu banyak ide-ide brilian, pemikirannya seringkali tidak terpikirkan oleh orang lain. namun sayangnya tipe ini seringkali tidak menyelesaikan usaha yang dimulai dengan baik hingga akhir. Karena ide yang begitu banyak, tipe ini seringkali pindah ke ide lain.

Tipe Managerial : Tipe ini adalah tipe yang dapat mengerjakan tugasnya secara runtut hingga selesai. Mereka cukup konsisten dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Namun mereka yang memiliki tipe ini pada umumnya jarang memiliki ide-ide yang berani. Mereka cenderung banyak pertimbangan untuk memulai sesuatu.

Tipe Spesialist : Tipe ini adalah tipe orang yang memiliki suatu keterampilan. Mereka memiliki keterampilan yang cukup “dalam”, namun seringkali tipe ini mereka gunakan hanya untuk keperluan pribadi atau rekan dekat saja.

Tipe Pembuat Kesepakatan : Tipe ini adalah mereka yang suka bersosialisasi dengan banyak orang, dan sangat menyukai kegiatan menawarkan sesuatu.

Dari 4 tipe ini kita dapat mengetahui tipe manakah diri kita ? apabila dalam usaha kita memiliki rekan kerja yang sama-sama tipe pembuat ide, maka seringkali kerjasama yang dibangun tidak berjalan dengan baik. Seringkali pisah di tengah jalan karena sama-sama ingin menerapkan masing-masing ide. Orang tipe pembuat ide akan lebih baik jika mempunyai rekan yang tipe managerial. Orang managerial akan memberikan peringatan kepada tipe pembuat ide untuk kembali fokus pada rencana awal yang telah dibuat sebelum lanjut ke ide yang lain.

Begitu pula tipe spesialist, untuk dapat mengembangkan keterampilannya maka ia perlu bertemu dengan rekan yang memiliki tipe pembuat kesepakatan, sehingga keterampilan yang ia miliki dapat di sebarkan ke calon-calon customer yang membutuhkan keterampilannya. Tentunya akan sangat luar biasa jika 4 tipe kepribadian ini ada di dalam perusahaan yang Anda kelola. Semoga bermanfaat.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai bagaimana mengembangkan usaha anda, hubungi Whitenvy Business Improvement. By: Reza Rifanto M.Psi.,Psikolog