3 ERROR YANG MENYEBABKAN REKRUITMEN SULIT

0

By: Coach Humphrey Rusli *

 

Pernah mendengar keluh kesah ini dari sesama teman pengusaha? Atau pernah berkeluh kesah seperti dibawah ini?

“Aduh… Jangankan proses seleksi, ada yang datang melamar saja sudah syukur…!”

Atau: “Sudah susah-susah pasang iklan cari anak buah… Eh..tidak satupun pelamar yang muncul..”
Sebenarnya ini adalah keluhan klasik dari para pengusaha dari tahun ke tahun dan sangat sering ditanyakan atau dibahas di kelas coaching.

Mari kita lihat di mana sebenarnya letak permasalahannya. Ada setidaknya 3 “Error” atau kekeliruan yang menimbulkan masalah di atas:

  1. Technical Error

Kekeliruan teknis yang sering dilakukan kawan-kawan pengusaha tanpa sadar adalah terlalu menggantungkan sumber calon pelamar dari satu atau dua media saja tanpa secara rutin menilai efektifitas media tersebut.

Contoh: hanya menggantungkan ke surat kabar tertentu atau menitipkan ke karyawan yang sudah bekerja di anda.

Jaman sekarang media yang tersedia sudah sangat beragam dan bisa dipakai secara serentak atau divariasikan sesuai ke-efektifitas-an nya untuk anda. Misalnya, sosmed, BB Blast, koran, free magazine, dll.

– Note: tidak ada media satupun di atas yang akan menjadi primadona selamanya. Intinya adalah terus menerus menilai secara berkala mana yang paling efektif untuk anda dari waktu ke waktu.

 

  1. Positioning Error

Kekeliruan berikutnya adalah ketidak tepatan dalam membahasakan perusahaan anda atau menciptakan pesan yang keliru di mata calon karyawan anda.

Contoh: “Dibutuhkan karyawan yang jujur, mau bekerja keras, dan bersedia ditempatkan di luar kota”.

Kesan yang timbul dari iklan di atas adalah bawah anda sedang mencari anak buah di level “pembantu” atau pekerja kasar. Ini dilematis. Karena jaman sekarang tidak ada yang rela atau sedikit yang rela mengasosiasikan dirinya sebagai pekerja kasar atau level rendahan.

Hampir semua calon pelamar anda jaman sekarang adalah orang sekolahan, minimal SMA. Ini berarti mereka cukup sensitif dalam harga diri (yang sayangnya tidak serta merta diikuti dengan skill yang mumpuni)

 

  1. Discipline Error

Yang terakhir adalah yang paling penting. Yaitu kekeliruan disiplin. Silahkan jawab pertanyaan di bawah ini: “Apakah anda mencari calon karyawan ketika sedang membutuhkan ATAU ketika sebelum membutuhkan?”
Jika anda sedang butuh, baru mencari, ini akan membuat posisi anda menjadi sulit dan tidak bisa ‘di atas angin’. Alias anda akan menjadi lebih stress jika ternyata tidak ada yang melamar. Dan kalaupun ada yang melamar, posisi anda tidak bisa terlalu teliti, yang penting lumayan dan walaupun sedikit jelek pun, terpaksa diterima.
Lalu, kalau anda mencari ketika sebelum butuh, bukankah ini pemborosan, kalau saya tidak butuh buat apa menggaji?
Ini pemahaman yang kurang tepat. Mencari sebelum butuh tidak sama dengan merekrut. Artinya yang ditekankan di sini adalah proses interview yang berkala, dan belum tentu diakhiri dengan perekrutan.
Tugas utama anda justru bukan merekrut, namun mengumpulkan data kandidat calon team yang berkualitas, sebanyak banyaknya. Sehingga nanti jika dibutuhkan, jauh lebih mudah meng-kontak ulang mereka dibandingkan anda baru pasang iklan lowongan, bukan?
Nah, kalau ketika dibutuhkan, mereka sudah terlanjur bekerja di tempat lain, bagaimana?
Itulah mengapa disarankan memiliki database calon potential team yang cukup banyak, sehingga kita bisa punya alternatif yang memadai. Berarti harus terus-terusan beriklan atau mencari?

Benar. Sediakan budget dan waktu untuk rutin melakukan ini setiap bulannya. Di sinilah letak “disiplin” nya. Dan di sinilah pula letak kunci perbedaan perusahaan yang bisa merekrut SDM yang berkualitas Vs yang “terpaksa” merekrut SDM ala kadarnya.
Semoga bermanfaat!
* Coach Humphrey Rusli:

  • Pelatih bisnis dengan pengalaman International Marketing selama lebih dari 15 tahun.
  • Pemenang International Coach of The Year 2012 (Australia), 2013 (Beijing) dan 2014 (Jakarta).
  • Telah membantu kliennya meraih peningkatan profit dari 20% hingga 2000% melalui sesi-sesi coaching

 

Office   : ActionCOACH-BARACoaching Surabaya

Alamat : The Terrace Pakuwon Trade Center (PTC) 03-05 – Surabaya

Telp.    : (031) 7390666

Free Tips Bisnis Add Pin: 2756CDEE