Daging Kobe Termahal di Dunia




sapiAnda pernah dengar istilah kobe beef atau daging steak kobe? Kobe beef adalah daging yang diambil dari sapi jenis tajima yang diberikan makanan-makanan organik setiap harinya. Selain itu, sapi-sapi ini diberi minuman sake dengan tujuan untuk meratakan lemak-lemak yang ada di tubuh sapi. Lebih dari itu, sapi-sapi ini dipijat secara rutin untuk melemaskan otot-otot tubuhnya agar gemuk dan menghasilkan daging yang lembut.

Dinamakan kobe beef karena dagingnya diperoleh dari sapi yang dikembangkan di daerah Kobe, pulau Honshu, Jepang. Sapi yang dikembangkan juga dikenal sebagai sapi Kobe atau Wagyu, dimana secara asal-usul, sapi Kobe bisa dikatakan sapi endemis yang hanya ada di Jepang.
Tetapi saat ini, karena permintaan akan kobe beef yang begitu tinggi, luas lahan peternakan di Jepang yang menyempit, sapi Kobe kini dikembangkan di negara lain seperti Australia yang sejak 2005 berhasil mengembangkan pure bred (galur murni) keturunan sapi Kobe atau sapi Wagyu. Karena saking lezatnya dan begitu diminati oleh konsumen kelas atas, harga kobe beef sangat mahal. Resto Aragawa yang notabene toko steak pertama di Tokyo menjual menu daging Kobe seharga US$ 368 untuk satu porsi steak.daging-2
Mungkin ada yang bertanya, kenapa kobe beef bisa begitu lezat? Yang jelas menjadi begitu nikmat karena faktor serat daging dan perlemakannya. Disinilah kobe beef sulit ditandingi oleh daging sapi atau bahkan daging hewan lainnya. Dalam sebuah buletin yang dikeluarkan oleh Japan Meat Grading Ascociation, kobe beef dibedakan tingkat kualitasnya berdasarkan Beef Marbling Score (BMS) mulai angka 1-12.
Marbling adalah kondisi perlemakan didalam daging termasuk daging sapi. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Universitas Queensland, Australia, lemak daging (intramuscular) pada kobe beef grade tinggi serupa dengan penampakan batu marmer, mengandung omega 3, kandungan lemak tak jenuh lebih tinggi dibandingkan lemak jenuh (2:1) sehingga bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Artinya, kobe beef termasuk kategori makanan sehat.





Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*