Chevrolet Cruze ; Sedan Sporty nan Elegan




ChevroKalau pasar luar diberikan 4 pilihan tipe mesin, 1.400 cc, 1.600, 1.800 cc dan diesel 2.000 cc dilengkapi turbo. Sedangkan Indonesia kebagian mesin Ecotec berkapasitas 1.800 cc, digabung pilihan transmisi manual atau otomatis.

Sebagai pendatang baru, tampang Chevrolet Cruze tentu harus semaksimal mungkin menarik minat masyarakat Tanah Air. Melihat tampilannya, tampaknya Cruze ingin menyasar kalangan mapan, meski bukan tak mungkin sebagian kalangan muda.
Dilihat dari depan, tampilan Cruze kombinasi karakter sporti nan elegan. Lampu depan besar beraksen meruncing sekilas mirip dengan Honda Accord. Terlepas dari kesan besar, aura sporti Cruze berasal dari lubang airdam besar dengan model pelindung sarang tawon pada gril yang terpisah 2 bagian.
Uniknya, pindahkan pandangan lampu dari sisi samping. Berkat model meruncing, kali ini Cruze berubah mirip BMW seri 5.
Akibat desain lampu pula, melongok fender depan yang efeknya jadi terlihat besar. Otomatis Cruze semakin menyiratkan napas sporty. Lirik juga lambang GM yang tersemat pada gril. Selain lebih gagah, lambang ini merupakan desain lambang terbaru GM. Kalau sebelumnya hanya warna emas polos, kali ini emas pada bagian tengah terdiri dari untaian motif berlian.
Apabila dilihat dari sisi belakang, Cruze kembali berubah dengan tampilan gembung dan besar layaknya sedan Suzuki Baleno, hanya dengan aksen melengkung pada lampu belakang. Cruze justru terlihat bagai BMW seri 7 terbaru. Hanya berbeda desain lampu yang masih memakai bohlam lampu daripada lampu LED.
Kalau pasar luar diberikan 4 pilihan tipe mesin, 1.400 cc, 1.600, 1.800 cc dan diesel 2.000 cc dilengkapi turbo. Sedangkan Indonesia kebagian mesin Ecotec berkapasitas 1.800 cc, digabung pilihan transmisi manual atau otomatis. Tenaga dan torsi yang dihasilkan cukup bertenaga untuk start awal.
Memasuki kabin, Cruze memberikan pemandangan unik. Informasi audio dan fitur AC terpampang kalem melalui layar pada bagian atas dasbor, berpendar biru. Hasil lay out dasbor dari lubang sirkulasi AC dengan kombinasi layar informasi di sisi atas, berlanjut hingga bagian bawah bagai huruf V. Kali ini nuansa elegan yang ingin diusung.
Menarik melihat kombinasi warna trim pintu, juga pada dasbor. Transmisi manual memiliki paduan warna hitam dan biru, baik untuk trim pintu ataupun dasbor, sedang unit bertransmisi otomatis memiliki kombinasi warna hitam dan cokelat tua.
Material pembungkus juga berbeda. Versi manual menggunakan bahan fabric, Sedang versi otomatis memakai bahan kulit asli.
Tak perlu khawatir masalah safety, Chevrolet tak ingin main-main masalah safety di tiap produk unggulannya. Fitur keamanan komplit, Cruze telah dilengkapi dengan ABS antiskid control, dual SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan, juga rem cakram baik untuk roda depan dan belakang.
Namun konsumen tanah air masih harus menunggu kepastian harga Cruze. “Perkiraan harga masih harus menunggu perhitungan biaya pajak dan lainnya,” terang Fajar Harianto, PR Manager PT. GM Auto World Indonesia (GMAWI). Rencananya sedan ini akan diluncurkan ke Indonesia pada Maret 2010. otomotifnet.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*