Cara Alami Detoksifikasi Tubuh




b1Detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun dari tubuh. Di tengah kehidupan yang dinamis, polusi tingkat tinggi dan pola makan yang tidak sehat, detoksifikasi menjadi hal penting untuk dilakukan. Banyak cara dilakukan untuk detoksifikasi, sebenarnya ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata memiliki manfaat untuk detoksifikasi secara alami.

Serat banyak terdapat dalam sayuran, buah-buahan, dan juga beras merah. Serat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan sehingga memudahkan pembuangan zat-zat racun yang tidak dibutuhkan. Sumber serat yang disarankan antara lain buah bit, lobak, artichoke, kubis, brokoli, spirulina (sejenis tumbuhan ganggang), chlorella (ganggang hijau), dan rumput laut.

Selain mengandung antioksidan, vitamin C membantu tubuh memproduksi glutathione, yaitu senyawa hati yang mampu menghilangkan racun dalam tubuh. Minum air putih minimal 2 liter sehari akan menghilangkan racun dan menjaga sel-sel tubuh tetap terhidrasi, apalagi setelah mengkonsumsi banyak makanan yang kurang sehat.

Bernapaslah dengan dalam sehingga memungkinkan lebih banyak oksigen bersirkulasi ke dalam tubuh. Cobalah berlatih mengambil napas sedikitnya 10 menit setiap hari. Duduk dengan punggung tegak lalu ambil napas melalui hidung dalam tujuh hitungan, tahan selama empat hitungan, lalu keluarkan napas melalui mulut dalam delapan hitungan.

Tubuh juga membuang racun melalui keringat. Dengan sauna, pori-pori kulit akan terbuka sehingga racun dan segala kotoran pada tubuh akan keluar. Selain itu, sauna juga membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi nyeri otot.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*