CAPOERA MEMUPUK RASA PERCAYA DIRI




a1Minat warga Indonesia untuk belajar seni beladiri asal negeri samba ini semakin banyak. Hal ini juga bisa dilihat dari banyak bermunculannya komunitas-komunitas Capoera di Surabaya, seperti komunitas Capoera ‘Cordao De Ouro’ yang ada di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Surabaya. Capoera merupakan gabungan dari seni bela diri, tarian dan permainan, yang diiringi musik dan nyanyian. Dalam Capoera ini terdapat berbagai aspek, seperti aspek seni, budaya, sejarah, serta filosofi. Di Indonesia sendiri banyak komunitas Capoera, yang juga bergabung dengan grup-grup besar Capoera yang ada di Brasil.

Menurut Hadi, Capoerista junior di komunitas ini, nama ‘Cordao De Ouro’ merupakan nama grup besar capoera di Brasil. Komunitas ini awalnya merupakan komunitas kecil capoera tanpa nama, karena di Brasil sendiri terdapat banyak grup capoera, ahirnya komunitas ini menentukan untuk bergabung dengan grup capoera Cordao De Ouru yang ada di Brasil, yang sudah mempunyai sistem dan organisasi yang rapi. Banyak tahapan yang harus dipelajari bagi seorang pemula, dalam capoera sendiri ditekankan agar bisa menikmati setiap gerakan, selain menyehatkan bermain capoera juga bisa memupuk rasa percaya diri.

a2Dalam capoera diajarkan seni gerak, tarian dengan koreografi dengan gerakan indah yang membuat tubuh lentur. Sebelum melakukan permainan capoera, terlebih dahulu dilakukan latihan pemanasan yang disesuaikan dengan tahapan dan level-level dalam tingkatan seorang capoeirista. Capoera dimainkan dalam sebuah lingkaran capoeirista atau hoda, dan bateria atau musisi yang mengiri permainan, dengan memainkan alat musik dan nyanyian. Alat musik dalam capoera terdiri dari barimbaus (string logam pada kayu dengan labu yang dikeringkan), pandeiros (rebana), atabaque (drum) dan agogo (bel yang dipukul).

Setelah permainan dimulai, dua orang capoeirista (pemain) masuk ditengah lingkaran, mereka lalu berinteraksi dan berimprosasi antara yang satu dengan yang lainnya, dengan gerakan menyerang, difensif dan akrobatik. Permainan ini sendiri diatur oleh master capoera, yang biasanya juga memegang dan memainkan alat musik. Lagu-lagu capoera sendiri isinya bermacam-macam, ada yang bercerita tentang sejarah, filosofi, dan wejangan atau nasehat tentang kehidupan. Bermain capoera ini memiliki keunikan tersendiri, kita bisa belajar bahasa asing, melakukan gerakan indah, memainkan alat musik, serta belajar kerjasama dan kekompakan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*