Branding Itu Seperti Menanam Padi




a1‘Kita tidak bisa mengharap sesuatu yang ditanam sekarang langsung kita panen besok, karena semua ada masa waktunya, begitu juga dengan branding’.

Berkecimpung di Industri Kreatif memang sangat mengasyikkan, apalagi bisnis ini merupakan suatu lahan usaha yang masih belum banyak pemainnya, seperti halnya bisnis-bisnis lainnya. Dalam people profile kali ini kami akan menampilkan sosok Tekky Juni Hosea Lakada, Dia adalah Owner dari Menara Putih, merupakan perusahaan yang memiliki 4 divisi bergerak dibidang Advertising, Marchandising, Interior dan Eksterior. Usahanya ini memang berbeda jauh dari latar belakang pendidikannya sebagai Alumnus ITS, Sarjana Teknik Perkapalan. Meski begitu Tekky sangat piawai sekali dalam menjalankan bisnisnya ini.

Sejak kuliah bakat berbisnisnya memang sudah kelihatan, kehidupannya kala itu yang paspasan memaksanya untuk memutar otak, agar bisa membiayai kuliahnya. Beberapa bisnis kuliner pun pernah Dia coba, tapi saat itu usahanya memang tidak berlangsung lama, sampai ahirnya bapak satu anak ini bekerja di salah satu perusahaan advertising. Selepas kuliah Tekky ahirnya mulai membuka usaha advertising sendiri, di tahun 2007. Masa-masa sulit juga dijalaninya saat tahun pertama merintis usahanya ini, order yang masih sedikit kala itu hanya cukup untuk membiayai staf dan karyawan, apalagi banyak penagihan yang terlambat.

Dengan motto hidupnya yang harus fokus dan konsisten dalam menjalankan bisnis, ahirnya Menara Putih bisa membenahi kualitas manajeman dan sumber daya manusia. Saat menerima order dari sebuah perusahaan untuk sebuah pameran, karya Tekky mendapat sambutan menarik dari pimpinan perusahaan tersebut, sampai ahirnya Dia mendapatkan order untuk membuat interior rumahnya, dan mengenalkan menara putih pada teman-temannya. Setelah itu Menara Putih mulai banjir order, agar tidak menggangu divisi lain ahirnya dibentuklah divisi yang khusus menangani Interior dan Eksterior, yang berjalan sampai saat ini.

Menurut suami Vanessa Marita Utami ini, Branding itu seperti menanam padi, kita harus memilih bibit padi yang benar-benar unggul, agar ketika panen raya kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal. ‘Kita tidak bisa mengharap sesuatu yang ditanam sekarang langsung kita panen besok, karena semua ada masa waktunya, begitu juga dengan branding’, tegas pria yang masih berusia 32 tahun ini. Tekky juga berpesan untuk mereka yang baru terjun di dunia usaha, agar tetap fokus dan konsisten terhadap usahanya. Memang rumput tetangga lebih hijau, fokuslah pada pekerjaanmu, maka kamu akan dilihat oleh tetanggamu rumputmu akan lebih hijau.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*