Memex, Mesin Pencari Ini Lebih Hebat Dibanding Google

0

Defense Advanced Research Projects Agency atau DARPA mengungkap proyek mereka dengan pengembangan mesin pencari (search engine) yang diklaim lebih canggih dibandingkan Google. Mesin pencari bernama Memex yang dikembangkan DARPA bertujuan untuk menelusuri perdagangan seks atau sex-trafficking.

Dilansir Slashgear, Rabu (18/2/2015), internet menjadi tempat orang untuk kebebasan berbicara, tetapi juga menjadi tempat berkembangbiak serta persembunyian bagi penjahat. Tidak mengherankan bahwa penegak hukum ingin menembus seluruh pelosok website untuk mengangkap orang-orang jahat.

Itulah yang disasar DARPA melalui mesin pencari buatan mereka. Mereka akan melacak serta masuk ke dalam Website Gelap atau ‘Dark Web’.

 

DARPA merupakan Departemen Pertahanan di Amerika Serikat yang bergelut pada bidang penelitian. Tools buatan mereka akan menelusuri keseluruhan jaringan internet. DARPA juga menciptakan software yang membantu pemerintah menemukan tindak kriminal yang bersembunyi di balik website.

Menurut pencipta Memex, Chris White, pengguna awam yang memakai mesin pencari saat ini hanya mendapatkan lima persen dari apa yang sesungguhnya terkandung pada website. Ada banyak website tersembunyi yang dinamakan “Dark Web”, yang menjadi rumah bagi aktivitas ilegal.

Tujuannya mesin pencari Memex ialah menjadi search engine super yang bisa melacak lebih dalam ketimbang search engine yang sudah ada saat ini. Klik hanya 5 link dan mesin pencari akan menghasilkan 50 link terkait lainnya.

Tools ini juga bisa digunakan untuk menciptakan representasi visual dari link di seluruh negara. Penggunanya akan mengetahui hubungan antar website serta pergerakan dari website tertentu.