Lindungi Cat Kendaraan dengan Laminating Bodi

0

Seperti halnya manusia, kendaraan atau mobil juga membutuhkan perawatan secara rutin, terutama bagian bodi. Permasalahan yang sering terjadi dalam perawatan mobil adalah debu dan bekas goresan.

Banyak pemilik kendaraan yang mengabaikan keberadaan debu dan bekas goresan pada bodi mobilnya. Padahal jika dibiarkan, ‘penyakit’ itu bisa berubah menjadi jamur atau kusam permanen. Kalau sudah begitu, dibutuhkan biaya lebih mahal untuk perawatan.

Untuk melindungi tumbuhnya jamur dalam bodi kendaraan, kini sudah ada teknologi baru yaitu Laminating Mobil. Seperti namanya, kendaraan akan dilapisi oleh cairan yang bisa membuatnya mengkilap dan terlihat seperti kendaraan baru. Tidak hanya bebas dari debu, bodi kendaraan juga tidak akan mudah terkena goresan karena sudah di-laminating atau dilapisi. Perbedaannya dengan proses laminating di kertas adalah pada kandungan yang melapisi. Jika pada kertas, lapisan laminatingnya terbuat dari plastik, namun khusus untuk mobil, lapisan laminatingnya berasal dari kaca yang langsung meresap di bodi mobil.

“Justru ini uniknya. Cairan Nano Ceramic+ yang kami poleskan di bodi mobil, dalam hitungan detik akan berubah menjadi kaca. Dan kaca ini langsung terserap ke bodi mobil dan akan melindungi cat atau bodi mobil selamanya,” jelas Hendy Tanpratama, Pemilik SCUTO Surabaya kepada Iklan Pos, Jumat (11/9).

Ditambahkan, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum proses laminating, yaitu :

  1. Membersihkan goresan halus, kotoran, atau jamur yang menempel di bodi kendaraan

Salah satu penyebab munculnya jamur adalah proses cuci mobil yang tidak bersih, karatan, atau pembiaran terhadap debu yang menempel di bodi mobil.

  1. Cutting Compound, Polishing Compound, dan Finishing Compound

Tujuannya adalah untuk membersihkan bekas karat, debu dan jamur pada bodi mobil dengan menggunakan cairan pembersih. Dengan proses tersebut, kendaraan akan terlihat mengkilap namun belum maksimal.

  1. Water Less

Tujuannya adalah mengeringkan proses pembersihan agar benar-benar kering. Proses pengeringan ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat masuknya proses Nano Ceramic+ atau Laminating ke dalam bodi mobil.

  1. Nano Ceramic+

Proses inilah yang dikenal dengan istilah Laminating. Dalam hitungan detik, cairan Nano Ceramic+ yang dioleskan di bodi mobil akan mengeras dan berubah menjadi kaca. Kaca tersebut langsung meresap ke dalam bodi mobil untuk melindungi cat mobil agar tidak terkena goresan dan debu. Selain itu, mobil akan terlihat mengkilap seperti baru.

Setelah melalui keempat tahap tersebut, bodi mobil akan terlihat mulus dan seperti baru. Istimewanya lagi, bodi dan cat mobil tidak mudah tergores karena sudah dilapisi laminating.

“Di Jakarta, tren laminating mobil ini sudah booming. Makanya kami ingin coba untuk pasar Surabaya. Sejauh ini penggunanya adalah mobil kelas premium, padahal laminating mobil ini bisa digunakan untuk semua kendaraan, termasuk sepeda motor,” jelasnya. Yang terpenting, tambahnya, yaitu perawatan pasca laminating. Pemilik kendaraan harus memperhatikan kebersihan bodi kendaraannya, terutama dari debu dan jamur. (noe)