Internet Of Things Dan Perubahan Dimasa Depan

0

Internet yang tanpa batas seakan membuka pikiran kita buat terus berinovasi. Salah satu inovasi terkini dari internet sebagai platform tersendiri adalah Internet of Things, di mana benda mati yang kita temui sehari-hari “dihidupkan” dengan sensor yang memungkinkan benda-benda tersebut berinteraksi secara real time dan istilahnya, “memintarkan” kita yang menggunakannya. Seakan dunia ada di tangan kita, kantong Doraemon aja jadi kalah canggih kalau lawannya Internet of Things.

Internet of Things adalah keseluruhan dunia baru yang cepat atau lambat akan masuk ke dalam kehidupan sehari-hari siapa saja yang membuka diri untuk menerimanya. Kalau kita seseorang yang ambisius, suka dengan hal-hal yang baru serta punya visi yang ingin kita wujudkan, maka Internet of Things bakal jadi sumber inspirasi yang tanpa batas. Internet of Things yang sering disingkat IoT ini adalah efek domino yang siap menubruk pion inovasi ke kreasi berikutnya, hampir tanpa henti.

Buat para calon pengubah dunia melalui internet, IoT memastikan adanya kesempatan-kesempatan yang berseliweran untuk ditangkap, saat momentumnya tepat. Terlepas dari siap atau tidaknya Indonesia dan para peminat Internet menerimanya, arus IoT yang terlampau kuat akan menyeret cara internet bekerja dalam kehidupan sehari-hari. Sensor yang ukurannya tidak lebih dari sebuah memory card berukuran mikro ini bakal memampukan kita mengubah dunia karena karakteristik ini.

1.Internet of Things membuat kita sadar kita belum menciptakan hal yang benar-benar berguna


Berbagai inovasi yang mungkin terjadi karena IoT akan membuat kita makin haus akan penyempurnaan produk berbasiskan dunia maya. Kita jadi nggak cepat puas sampai kita tahu memang produk yang kita ciptakan bermanfaat bagi penggunanya.

2.Internet of Things mengubah dunia di sekitar kita, dan tidak ada cara lain untuk bertahan selain menyesuaikan diri


Cepat atau lambat, IoT yang akan terbiasa kita gunakan tidak hanya terbatas pada Google Maps maupun aplikasi kamera selfie yang bisa menerima perintah kita. IoT akan hadir pada peralatan yang paling remeh dan tak terpikirkan, seperti misalnya alat pel lantai maupun cangkir kopi. Saat hal tersebut terjadi, menyesuaikan diri adalah pilihan yang paling bijaksana. Lagipula, yang sanggup berkompromilah yang akan bertahan.

3.Internet of Things menginspirasi kita


Inspirasi adalah pemicu paling efektif untuk inovasi. Karena IoT terus-menerus berevolusi agar versi yang mendekati sempurna dapat dicapai, kita akan terus terekspos dengan inspirasi yang tanpa henti.

4.Internet of Things mengubah cara berpikir kita menjadi berfokus pada solusi, bukan hipotesis semata


Apa artinya jika kita bisa membuat sesuatu yang pintar, tapi tidak ada masalah yang terselesaikan atau pertanyaan yang terjawab karena penemuan kita?

5.Internet of Things adalah sebuah dunia baru yang penting bagi kemajuan kognitif masyarakat berbangsa yang digerakkan oleh teknologi


Walau agak berat, namun proses berpikir kita tidak dapat dipungkiri sudah terintegrasi dengan teknologi. Karena itulah, penggunaan teknologi yang sekarang tidak bisa hanya berhenti hingga sebatas apa yang kita lihat dan gunakan hari ini. Dibutuhkan sebuah dunia baru yang mengakomodasi kebutuhan kita akan teknologi, yang hadir dalam bentuk Internet of Things.