Inovasi Kuliner Vegetable Meatball & Cendol Bayam Merah

0

DSCF2642CIANJUR – Keragaman sumber daya alam yang terdapat di Kampung Sarongge, Desa Ciputri telah menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang berkunjung. Mulai dari pemandangan alamnya yang menakjubkan hingga hasil buminya yang berlimpah mampu memberikan beragam manfaat bagi perekonomian masyarakat. Salah satu produksi terbesarnya adalah di bidang pertanian sayur organik dan non-organik.

Melihat potensi tersebut, mahasiswa KKN-PPM Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung mencoba membuat terobosan kuliner baru berbahan dasar lokal. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing Kampung Sarongge sebagai daerah tujuan wisata di Jawa Barat dengan cara menghadirkan sajian menu yang unik kepada wisatawan.

“Kami berinovasi dengan membuat Vegetable Meatball yaitu bakso berbahan dasar sayuran yang diambil dari perkebunan warga. Bakso ini lebih menyehatkan dan cocok bagi kaum cendolvegetarian namun dengan rasa yang tidak kalah enak dari bakso daging pada umumnya. “ tutur Raisa, mahasiswa STP Bandung sekaligus pencipta menu.

Selain membuat Vegetable Meatball, Mahasiswa KKN STP Bandung juga menciptakan Cendol Bayam Merah. “Cendol yang biasanya menggunakan daun suji untuk pewarna hijau kami ganti dengan buah bit dan bayar merah sehingga menghasilkan warna merah yang alami. Menurut ibu-ibu juga rasanya lebih nikmat dibanding cendol biasanya” tambah Raisa sambil tersenyum bangga.

“Dengan adanya inovasi kuliner seperti ini, diharapkan pemanfaatan hasil pertanian lokal dapat lebih berkembang sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kampung Sarongge.” Ujar Syarif A. Karim selaku anggota BPD Desa Ciputri.