5 Penyebab Tubuh Sering Merasa Lelah Yang Jarang Disadari

0

Aktivitas yang padat dan tekanan pikiran yang sering kali terjadi, tidak jarang membuat seseorang akan merasa mudah lelah dan capek luar biasa bahkan bisa membuatnya frustasi dan putus asa. Perlu diketahui, ada banyak hal yang bisa menyebabkan tubuh merasa lelah. Dan salah satu hal yang sering menyebabkan lelah adalah stres.

Dikutip dari laman prevention.com, tidak hanya stres yang menjadi penyebab utama kelelahan. Beberapa study menyebutkan bahwa rasa lelah yang terjadi pada seseorang lebih cenderung disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, waktu istirahat yang kurang dan aktivitas harian yang terlalu sibuk.

Tapi tahukah Anda, selain gaya hidup, rupanya ada beberapa hal yang juga menjadi penyebab kelelahan. Bahkan, beberapa hal penyebab lelah ini jarang sekali disadari. Apa sajakah penyebab tersebut? Simak baik-baik ulasannya di sini.

Anemia
7628818_20150730092325
Jika Anda merasa mudah lelah, capek dan pusing, kemungkinan besar Anda sedang menderita anemia. Anemia sendiri merupakan berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah. Karena kondisi ini, biasanya seseorang akan merasa mudah lelah, lemas dan daya tahan tubuhnya menurun. Kondisi anemia sering terjadi pada wanita atau pria yang tidak mengkonsumsi zat besi cukup untuk tubuh.

Anemia juga sering dijumpai pada wanita dengan menstruasi berat. Menurut Laurence Corash, MD, profesor kedokteran di University of California, San Francisco menyebutkan bahwa anemia juga sering dijumpai pada orang-orang yang berisiko kanker, gagal ginjal, reumatoid arthritis dan pendarahan internal dalam tubuh. Study menyebutkan bahwa tidak banyak orang yang mudah merasa lelah menyadari bahwa dirinya sedang mengalami anemia.

Diabetes Melitus
7628818_20150730092243
Kelelahan selanjutnya sering kali disebabkan karena seseorang sedang menderita penyakit diabetes melitus. Penderita diabetes diharuskan membatasi konsumsi gula atau glukosa. Karena pembatasan inilah, tidak jarang seseorang dengan risiko diabetes akan mudah merasa lelah, capek dan lemas.

Gula atau glukosa sendiri merupakan salah satu bahan bakar penting dalam tubuh yang mampu membuat seseorang lebih semangat, fit dan bugar. Jika seseorang membatasi bahkan kekurangan glukosa dalam darah, Christopher D.Saudek, MD, profesor kesehatan di Johns Hopkins University School of Medicine menyebut bahwa orang tersebut akan mudah merasa lelah dan lemas bahkan lumpuh.

Reumatoid Arthritis
7628818_20150730092152
Ini adalah penyakit yang disebut sebagai autoimun. Gejala awalnya tidak mudah untuk dideteksi apalagi disadari keberadaannya lebih awal. Penyakit ini adalah penyakit dimana sistem kekebalan tubuh justru berbalik menyerang tubuhnya sendiri. Dan karena kondisi inilah, bisa dipastikan seseorang yang menderita autonium akan sangat mudah merasakan kelelahan.

John Klippel, MD seorang direktur dan CEO dari Arthritis Foundation yang berbasis di Atlanta mengungkap jika reumatoid arthritis menyebabkan kelelahan, energi dalam tubuh rendah, kehilangan nafsu makan dan nyeri sendi.

Penyakit Tiroid
7628818_20150730092414
Ketika kelenjar tiroid di dalam tubuh Anda rusak, hal ini bisa sangat berpengaruh pada kesehatan dan daya tahan tubuh. Kelenjar tubuh berukuran kecil sebesar simpul dasi seorang pria dan terletak di depan leher. Kelenjar ini berfungsi menghasilkan hormon yang mengontrol metabolisme dalam tubuh. Jika kelenjar ini pecah, maka metabolisme dalam tubuh tidak bekerja dengan baik dan hal ini akan mempermudah tubuh merasa lelah.

Dr Robert J McConnell, MD, seorang direktur di New York Tiroid Center di Columbia University Medical Center mengatakan ketika metabolisme dalam tubuh melambat sedangkan Hipotiroidisme meningkat, hal ini akan mendorong kelelahan pada tubuh seseorang. Tak hanya kelelahan, orang tersebut juga akan nyeri otot, kurang konsentrasi, merasa dingin sepanjang waktu dan menstruasi berat (pada wanita).

Sleep Apnea
7628818_20150730092131
Satu lagi yang menjadi penyebab kelelahan adalah kondisi sleep apnea. Kondisi ini merupakan kondisi dimana seseorang tiba-tiba terbangun dengan perasaan lelah walau sebelumnya telah melakukan istirahat yang bisa dibilang lebih dari cukup.

Roseanne S. Baker, MD, mantan direktur medis dari Baptis Sleep Institute di Knoxville, TN, mengungkap jika sleep apnea adalah gangguan singkat pada saluran pernapasan seseorang saat ia tertidur.

Ladies, itulah beberapa penyebab kenapa seseorang sering mengalami kelelahan meski telah memiliki istirahat cukup, memiliki pola hidup yang sehat serta olahraga yang cukup pula. Jika Anda juga mudah merasa lelah, segera periksakan diri ke dokter dan cari tahu masalah utamanya.

Ketika penyebab tersebut bisa dideteksi lebih awal, Anda juga bisa mendapatkan pengobatan lebih cepat hingga kembali dapatkan tubuh sehat, selalu fit juga bugar.