Balekambang Pantai Penuh Pesona




a1Untuk episode Leisure dalam negeri kali ini, kami tertarik untuk mengunjungi pantai Balekambang, Balekambang merupakan salah satu ikon wisata kabupaten malang yang memiliki pesona luar biasa. Pantai ini terletak di Malang bagian selatan, tepatnya di desa Srigonco, kecamatan Bantur, kabupaten Malang. Jarak tempuh dari kota Surabaya ke pantai ini sekitar 175 Km, atau 70 km dari pusat kota Malang. Setelah menempuh perjalanan sekitar 5 jam dari Surabaya dengan menggunakan sepeda motor, ahirnya kami sampai juga di kecamatan Bantur.

Banyaknya jalan yang rusak membuat waktu yang kami tempuh menuju Balekambang menjadi lebih lama, apalagi jalan yang kami lalui harus melewati banyak tanjakan dan turunan, maklumlah karena daerah ini juga merupakan areal perbukitan. Di daerah ini banyak terdapat perkebunan tebu, tidak jarang pula kami harus berpapasan dengan mobil-mobil truk yang mengangkut tebu, untuk dibawa ke pabrik gula yang ada di Krebet. Oleh karena itu jika Anda ingin mengunjungi pantai Balekambang, siapkan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan yang prima dan berhati-hatilah.

Meski hal itu membuat waktu tempuh yang kami lalui lebih lama, tapi tidak mengganggu keasyikan kami menikmati perjalanan, karena disepanjang perjalanan kami disuguhi pemandangan yang elok. Jalan menuju pantai melalui lembah dan hutan dengan pepohonan yang lebat, setelah melewati jalan yang berliku-liku, akhirnya kami sampai juga di pintu gerbang pantai Balekambang. Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp. 22.000 untuk 2 orang dan 1 sepeda motor, kami bisa masuk ke areal objek wisata ini dan mulai berjalan mendekati bibir pantai, yang berjarak setengah kilometer dari pintu gerbang.

Saat berada di bibir pantai Balekambang kamipun dibuat takjub dan terpesona dengan pemandangannya yang luar biasa, birunya langit yang berpadu dengan birunya laut dengan debur ombak yang besar dan berwarna putih, mendecak kagum kedua mata kami. Pantai Balekambang merupakan pantai lepas yang langsung berhadapan dengan laut selatan, tidak terdapat batu karang di dekat pantai, sehingga ombak yang datang langsung menuju ke pantai, dipantai ini terdapat papan larangan mandi di laut karena ombak yang ganas dan waspada terhadap terjadinya sunami.

a4Terdapat tiga pulau kecil yang unik dipantai ini, yaitu pulau Ismoyo, Wisanggeni dan Anoman, yang masing-masing dihubungkan oleh jembatan, tapi sayang untuk pulau Anoman tidak dapat disinggahi karena jembatan rusak dan terputus. Untuk pulau Ismoyo terdapat bangunan sebuah Pura, yaitu Pura Kayangan Amerta Jati, menurut Mangku Juarno salah seorang jurukunci yang ada di Balekambang ini, Pura ini dibangun sekitar tahun 1980 dan diresmikan tahun 1985, sedangkan nama pulau Wisanggeni, Ismoyo dan Anoman itu diambil dari sejarah pewayangan. Masyarakat Srigonco disini melakukan upacara adat setiap tahun 2 kali, yaitu pada saat tanggal 1 Suro, sedangkan untuk umat hindu setiap Melasti saat Nyepi kurang dua hari.Sepanjang bibir pantai terdapat batu-batu karang yang landai, tempat bersembunyi ikan dan biota laut lainnya, airnya yang bening membuat siapa saja bisa melihatnya, seperti melihat akuarium. Di arel tempat wisata Balekambang ini juga sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadahi, seperti tempat parkir yang nyaman, tempat mandi dan toilet, sarana bermain anak, musholla, serta sederet warung penjual makanan dan toko cinderamata, yang berada disepanjang pantai, dapat memenuhi kebutuhan Anda selama berekreasi sehinggga lebih aman dan nyaman ketika menikmati pesona Balekambang.

Balekambang juga sering dijadikan tempat bagi mereka yang ingin mengambil dan mengabadikan foto-foto prewedding, maklumlah karena tempat ini memiliki pesona keindahan alam yang luarbiasa dan sangat cocok sekali untuk lokasi pemotretan, saat itu saja ada 5 orang pasangan calon pengantin yang melakukan pemotretan untuk foto prewedding ditempat ini, dan mereka pun kebanyakan berasal dari luar kota. Yang unik lagi disebelah timur areal Balekambang ini terdapat telaga, yang berada diatas pasir, dikelilingi dengan pepohonan dan tebing yang menghijau, sungguh merupakan pemandangan yang luar biasa.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*