Pantai Delegan Pantai Pasir Putih di Gresik

Delegan01Bagi warga Surabaya yang senang dengan wisata pantai, kiranya pantai yang satu ini dapat menjadi pilihan.
WISID (Wisata Segoro Indah Delegan) adalah wisata pantai yang ada di kabupaten Gresik. Tepatnya berada di desa Delegan kecamatan Panceng.
Dari Gresik kota berjarak sekitar 40 km. Setelah dari Sidayu dan melewati hutan jati Panceng ada papan penunjuk arah menunjukkan wisata Pantai Dalegan, dari jalan arteri masuk ke utara sekitar 1 km sudah sampai di lokasi.
Pantai Delegan juga bisa menjadi alternatif dari perjalanan wisata, seperti mereka yang melakukan wisata religi wali songo ataupun yang berwisata ke WBL (Wisata Bahari Lamongan). Sebab letaknya berada dijalur lalu lintas wisata tersebut.
Delegan02Pantai yang lebih terkenal dengan nama pantai Delegan ini dibuka untuk umum sejak tahun 2003. Menurut Muzaradin, Kepala Desa Delegan , bahwa sebelumnya pantai ini belum pernah dikelola, hanya sekedar untuk tempat bermain anak-anak. Namun lambat laun pengunjung semakin banyak sehingga untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung kemudian dikelola oleh desa. “Hasil dari pengelolaan tempat wisata ini digunakan untuk kesejahteraan masyarakat desa Delegan, seperti ada penggajian sampai di tingkat RT dan program bedah rumah bagi keluarga tidak mampu”, tutur Muzaradin.
Pantai Delegan memiliki luas 2.5 hektar dan pasirnya berwarna putih. Ombak yang ada disini cukup stabil. Sehingga banyak pengunjung yang sangat menikmati pantai ini dan tidak sedikit diantara mereka yang berenang dipantai.  Pengunjung yang datang selama ini rata-rata 300 orang/hari, sedangkan di hari libur sampai di atas 500 orang.
Untuk fasilitas, meski dibilang minim, tapi inilah yang menjadi daya tarik sendiri sehingga pantai ini terlihat alami. Disini juga tersedia tempat bermain anak-anak, tempat bilas, dan makanan.
Untuk bisa menikmati panorama pantai Delegan, pengunjung cukup membayar tiket seharga Rp.3500 untuk dewasa dan Rp.2500 untuk anak-anak. Cukup murah bukan.

Leave a Reply