Mengembangkan Hobi Menaklukkan Dinding

a1Saat melakukan olahraga ini kita tidak hanya terfokus pada satu otot saja, mulai dari otot ujung kepala hingga ujung kaki, semua digunakan, sehingga membentuk postur tubuh yang bagus.

Tidak banyak mereka yang mempunyai hobi Panjat Dinding, mungkin karena mereka tidak tahu manfaat serta asyik dan serunya hobi ini. Bagi mereka penghobi panjat dinding, semakin tinggi tingkat kesulitan dan kerumitan track yang harus dilalui, semakin ada kepuasan tersendiri ketika bisa melewatinya. Hal ini diungkapkan Efrain Tahulending, salah satu penghobi olahraga ini yang juga sering memenangi kejuaran tingkat nasional. Tidak ada batasan usia untuk memainkan panjat tebing, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa memainkan olahraga ini. Saat ditemui disela-sela latihan, banyak anak-anak usia sekolah dasar yang berlatih Panjat Dinding.

Efrain menceritakan awal ketertarikannya pada hobi ini secara tidak sengaja, saat duduk dibangku kelas 2 SMA Dia dikenalkan temannya pada olahraga ini. Setelah mencoba dan mengikuti kejuaraan pertamanya, ahirnya Efrain jatuh hati dengan panjat dinding hingga saat ini. Seiring berjalannya waktu, banyak kejuaraan junior dan senior yang Dia ikuti baik di dalam maupun di luar negeri. Baginya, pengalaman yang paling mengesankan adalah saat 2 kali mengikuti kejuaraan Asia di Singapura, walaupun tidak menjadi juara. Saat mengikuti kompetisi itu, Dia merasa kemampuannya tidak ada apa-apanya, hal inilah yang memacu Efrain berlatih lebih giat lagi.

Saat ditanya mengenai motto hidupnya dengan tersenyum Dia mengatakan, bahwa motto hidupnya tidak jauh dari filosofi panjat tebing yang saat ini ditekuninya. Hidup itu tidak semudah seperti apa yang kita lihat, begitu juga dengan memanjat. Banyak pegangan-pegangan yang kelihatannya enak, tetapi sebaliknya. Dalam memanjat untuk sampai ke atas tidak selalu naik, kadang perlu menyamping, harus turun mengikuti alur, kadang terjatuh, bangun lagi dan mencari cara agar bisa sampai ke atas, begitu juga dengan hidup. Di usianya yang masih 21 tahun, Dia berharap bisa sukses dalam menjalankan hobinya ini, membuat harum nama Indonesia dikancah internasional.

Olahraga panjat tebing sebenarnya juga merupakan sarana pembentukan badan secara alami. ‘Saat melakukan olahraga ini kita tidak hanya terfokus pada satu otot saja, mulai dari otot ujung kepala hingga ujung kaki, semua digunakan, sehingga membentuk postur tubuh yang bagus’ tegas pria pengagum Chris Sarma ini. Bagi pemula yang ingin mencoba olahraga ini, ada beberapa porsi latihan yang harus dilakukan, jika mereka mempunyai daya juang yang tinggi dan tidak mudah putus asa, mereka akan cepat menguasainya. Jika Anda juga tertarik melakukan olahraga ini, hendaknya mempersiapkan fisik dan mental Anda sebelum berlatih.